Pemkab Bangka Berlakukan Pendaftaran Perizinan Secara Online, Daftarnya Bisa Pakai Android

kasmirudin
Pemkab Bangka Berlakukan Pendaftaran Perizinan Secara Online, Daftarnya Bisa Pakai Android
Hari Susanto (Kabid Perizinan Dinpmp2kukm Kabupaten Bangka). (Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW -- Pemkab Bangka melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Dinpmp2kukm) sudah membuka pendaftaran perizinan melalui Operation Support Systems (OSS) atau lebih dikenal melalui jalur online. Pemberlakuan tersebut telah dimulai per tanggal 23 Juni 2018 pada website oss.go.id.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perizinan Dinpmp2kukm Kabupaten Bangka, Heri Susanto, Rabu (19/09/18) saat ditemui di ruangannya.

“Sejak tanggal 23 Juni 2018 kemarin kita sudah membuka serta memberlakukan pengurusan perizinan ini melalui sistem OSS atau sistem online istilahnya. Masyarakat dapat mengakses pendaftaran pada websiteoss.go.id,”ungkap Heri.

Heri menuturkan bahwa sudah ada 98 pemohon baru perizinan yang telah berhasil mendaftar mendaftar melalui OSS tersebut. Dirinya mengatakan bahwa penerapan tersebut juga berlaku untuk yang telah memiliki perizinan yang sudah ada sebelumnya jika masa berlaku perizinan sudah habis maka dialihkan ke jalur OSS.

“Sudah ada 98 pemohon baru pada jalur OSS, kita maklumi karena ini kan baru. Sementara yang sudah lama memiliki izin mereka hanya perlu menunggu waktu masa berlaku habis kemudian nanti tetap kita alihkan ke jalur OSS ini,”ungkapnya.

Lebih lanjut Heri menjelaskan berdasarkan PP No. 24/2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik bahwa tujuan dari pelaksanaan pengurusan perizinan menggunakan OSS tersebut bertujuan agar penduduk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang terdafar secara sistem.

“Sesuai PP No. 24/2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, tujuannya agar semua penduduk mendapatkan NIB, masing-masing orang tidak sama dan itu telah terdata secara sistem,”jelasnya.

Heri menambahkan bahwa penerapan pengurusan perizinan dengan OSS tersebut dapat diakses melalui gadget penduduk dimanapun mereka berada hanya dengan menginput alamat email serta mengisi biodata yang telah disediakan oleh sistem.

“Dengan kemajuan teknologi tentu ini merupakan kemudahan bagi penduduk kita yang ingin mengurus perizinan mereka, pakai android dan laptop dirumah pun bisa dan dimana pun, hanya perlu username dengan e-mail nanti akan pemohonan ikuti saja pengisian biodatanya yang telah tersedia di kolom biodata,”jelasnya.

Kemudian dirinya mengimbau, agar masyarakat yang belum memiliki perizinan dapat mengurus secepatnya. Sehingga dapat meningkatkan angka kesadaran masyarakat terkait pengurusan perizinan di Kabupaten Bangka. (BBR)


Penulis : Kusuma
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview