Pemkab Bangka Defisit Anggaran Rp 30 Miliar

kasmirudin
Pemkab Bangka Defisit Anggaran Rp 30 Miliar
Bupati Bangka, Mulkan SH saat menghadiri rapat paripurna pengesahan Raperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Bangka Tahun Anggaran 2018 dan Penyampaian Kebijakan Umum Pembahasan APBD Tahun 2019 di gedung DPRD Bangka, Senin (8/7/2019). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- DPRD Kabupaten Bangka menggelar rapat paripurna pengesahan Raperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Bangka Tahun Anggaran 2018 dan Penyampaian Kebijakan Umum Pembahasan APBD (KUPA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan APBD Tahun 2019.

Bupati Bangka Mulkan, SH,MH mengatakan, akan melakukan penutupan angka defisit yang ada di tahun 2019. Anggaran induk diperbolehkan untuk melakukan defisit, tetapi sewaktu di anggaran perubahan harus menutupi angka defisit tersebut.

"Kita mengalami defisit sekira hampir Rp 30 miliar, tetapi kita akan melakukan penutupan defisit itu di angka nol di tahun 2019 ini. Setelah berjalan 6 bulan kita diwajibkan untuk melakukan anggaran perubahan," jelasnya.

Menurut bupati, pihaknya tetap akan melakukan efisiensi terkait penggunaan anggaran. Terutama penggunaan anggaran yang kurang bermanfaat dan berguna bagi masyarakat.

"Penggunaan anggaran waktu itu kita prioritaskan untuk infrastruktur, maka terjadi defisit. Maka nanti di anggaran perubahan, kita akan tutupi angka defisit itu," katanya.

Dia mengharapkan, para pelaku usaha untuk membuat Hak Guna Usaha (HGU), supaya dapat meningkatkan pendapatan dari APBD daerah. Guna memotong untuk peningkatan pendapatan daerah, pihak Pemkab Bangka sangat terbuka untuk para investor yang ingin menanamkan modalnya.

"Prioritas kita yang pertama adalah untuk kemakmuran masyarakat, ekonomi yang berkelanjutan dan pemerintah yang bersih. Kita perlu adanya peningkatan-peningkatan pendapatan, jangan sampai pendapat stagnan atau berkurang," kata bupati. (BBR)


 

Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review