Pemkab Bangka Lakukan Pendataan Rumah Warga Yang Diterjang Puting Beliung

kasmirudin
Pemkab Bangka Lakukan Pendataan Rumah Warga Yang Diterjang Puting Beliung
Kepala Seksi Pencegahan Bidang Penanggulangan Bencana Satpol PP Bangka Rahmansyah (tengah) sedang mendata rumah warga yang rusak akibat puting beliung di Dusun Sumbawa, Desa Pemali, Kabupaten Bangka. (Foto: Irwan)

PEMALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Kepala Seksi Pencegahan Bidang Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Bangka, Rahmansyah mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak akibat terjangan angin puting beliung.

Dari hasil pendataan yang dilakukannya, ada delapan rumah di Dusun Sumbawa, Desa Pemali, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, yang rusak akibat puting beliung. Dari delapan rumah tersebut, dua rumah dikategorikan rusak sedang, sedangkan enam rumah rusak ringan.

“Tindakan kami saat ini hanya mendata dulu kerugian apa, nanti akan kami sampaikan dan selanjutnya akan dilaporkan ke bupati. Jadi hanya berapa rumah dari delapan rumah ini ada dua dikategorikan rusak sedang dan enam rusak ringan,” jelas Rahmansyah.

Dikatakan Rahmansyah, saat ini warga yang menjadi korban membutuhkan material bangunan untuk memperbaiki rumah, seperti asbes, kayu, batako, pasir dan semen. Namun ia belum mengetahui secara pasti kapan pemerintah daerah akan memberikan bantuan.

Sebelumnya bencana puting beliung disertai hujan lebat melanda Dusun Sumbawa, Desa Pemali, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Jumat (3/5/2019). Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun sejumlah rumah rusak pada bagian atap setelah tersapu angin puting beliung. (BBR)


Penulis  : Irwan
Editor    : Kasmir
Sumber  : Babel Review