Pemkab Bangka Minta Panitia Qurban Harus Taati Protokol Kesehatan Covid-19

Ahada
Pemkab Bangka Minta Panitia Qurban Harus Taati Protokol Kesehatan Covid-19
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH. (Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Untuk memutuskan  mata rantai penyebaran virus corona atau Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bangka terus melakukan upaya tracking terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan MYH.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH, Kamis (30/7/2020).

Kemudian, upaya kedua yang dilakukan adalah memantau penggunaan masker terhadap masyarakat yang berlokasi di Pasar Higyenis, Pasar Kite dan Pasar Kenanga.

Boy Yandra katakan jika pengunjung dan penjual yang ada di pasar sudah mempunyai kesadaran yang tinggi dalam penggunaan masker.

"Meskipun masih ada yang tidak menggunakan masker, tetapi presentasi sangat kecil sekali. Kita mengharapkan penggunaan masker ini dapat menjadi kebiasaan hidup sehat sehari hari. Selanjutnya kami melakukan sosialisasi terhadap terhadap pegawai perkantoran supaya tidak menjadi cluster baru dalam penyebaran Pandemi Covid-19," ujarnya.

Selanjutnya ia tegaskan, jika ruangan kantor menggunakan AC maka pintu harus selalu terbuka.

Selain itu kantor harus menyediakan tempat cuci tangan, alat thermogan dan karyawan tetap menggunakan masker.

"Dan untuk panitia qurban, harus menetapkan jarak fisik dan pada saat pemotongan hewan qurban hanya dihadiri oleh panitia saja. Selain itu harus menerapkan kebersihan personal, gunakan masker, baju lengan panjang dan memakai sarung tangan," tuturnya.

Lebih lanjut Boy Yandra menghimbau agar panitia qurban untuk menerapkan kebersihan alat qurban. Yang nantinya akan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan sebelum dan sesudah pemotongan hewan qurban.

"Untuk pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 H, setiap pengurus masjid harus menyiapkan thermogan, sediakan tempat cuci tangan, jemaah harus menggunakan masker, jaga jarak. Semoga rencana pemutusan mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangka dapat terselenggara dengan baik," tukasnya. (BBR)
Laporan: ibnu w