Pemkab Bangka Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Seluruh Indonesia

Ahada
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Seluruh Indonesia
Pemkab Bangka Meraih Penghargaan Pembangunan  Daerah  Terbaik di Indonesia untuk tahun 2019.  (Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Kabupaten Bangka kembali berhasil mewujudkan visi strategisnya “BANGKA SETARA” sebagai Kabupaten yang mampu mencapai prestasi tertinggi bersama dengan kabupaten/kota terbaik di Indonesia dalam pembangunan dan pelayanan publik.   

Perwujudan pencapaian visi tersebut di buktikan dengan diraihnya penghargaan paling bergengsi di Indonesia, yaitu Penghargaan Pembangunan  Daerah  Terbaik di Indonesia untuk tahun 2019.   

Penghargaan ini hanya diberikan  kepada 3 Pemerintah Kabupaten  di Indonesia yang memiliki perencanaan pembangunan,  hasil pembangunan dan  inovasi pembangunan yang terbaik.

Penghargaan ini diumumkan dan diberikan oleh Presiden Joko Widodo didampingi oleh Mentri  Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Ketua Bappenas Suharso Monoarfa dalam Forum Musyawarah Pembangunan Nasional yang dilaksanakan secara virtual, Kamis, 30 April 2020 dari Istana Negara, Jakarta. 

Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2020 ini sebenarnya  merupakan pengulangan penghargaan serupa yang pernah diraih pada tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019. 

Yang membedakan adalah pada tahun-tahun tersebut Pemkab Bangka “hanya” meraih penghargaan Top 10 terbaik Indonesia, sementara Tahun 2020 ini berhasil meraih penghargaan Top 3 terbaik Indonesia.

Bupati Bangka, Mulkan memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap pencapaian ini. 

“Bayangkan saja, pembangunan daerah Kabupaten Bangka menjadi yang terbaik dari 416 Kabupaten di Indonesia," ujarnya.

Ditengah-tengan keprihatinan pandemic Covid 19, prestasi ini dipersembahkan oleh Bupati Bangka kepada seluruh masyaralat sebagai bukti keseriusan Pemkab Bangka untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang dibuktikan dengan indikator-indikator pembangunan yang telah dicapai dan dinilai oleh tim ahli pemerintah pusat. 

Bupati Bangka, Mulkan, juga memberikan apresiasi kepada semua OPD, terutama Bappeda yang bertanggungjawab dalam perencanaan pembangunan sekaligus telah melakukan terobosan melakukan inovasi di bidang perencanaan pembangunan. 

"Hasil kerja keras ini, menunjukkan Pemkab Bangka telah memberikan bukti dan komitmen kuat dalam menghasilkan dokumen perencanaan yang bermutu serta pencapaian target yang  rasionalistik. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan pada tahun ke depan, “harap Mulkan.

Penghargaan ini diharapkan mampu mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk terus berprestasi dan berinovasi guna mewujudkan visi “Bangka Setara”.

Kepala Bappeda, Pan Budi Marwoto menambahkan, diraihnya penghragaan ini tidak terlepas dari capaian pembangunan daerah dalam 2 tahun  terakhir, yang melampaui target yang sudah ditentukan dan juga melampaui capaian nasional dan provinsi. 

Capaian tersebut terutama dari indicator utama pembangunan yaitu;  Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran, Tingkat Kemiskinan, Pendapatan Per Kapita,  Nilai Tukar Petani, Gini Rasio, Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Pelayanan Publik, Indeks Akuntabilitas Kinerja dan Pengelolaan Keuangan Daearah.

Ditambahkan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bangka bahwa kompetisi pembangunan daerah terbaik ini diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. 

Tim Penilai terdiri atas Tim Penilai Independen, Tim Penilai Utama, dan Tim Penilai Teknis yang mempunyai kompetensi dan kepekaran pengetahuan dan pemahaman teknik mengenai perencanaan dan kebijakan publik termasuk pembangunan ekonomi, pengembangan wilayah, kelembagaan, serta disiplin ilmu lainnya. (ADV/BBR)