Pemkab Bangka Salurkan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Perhotelan dan Restauran

Irwan
Pemkab Bangka Salurkan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Perhotelan dan Restauran

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Sektor pariwisata khususnya perhotelan mengalami penurunan omset yang sangat drastis akibat dampak mewabahnya Covid-19.

Pemerintah Kabupaten Bangka telah menerima dana bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sebesar Rp 1,2 milyar.

Dana tersebut disalurkan oleh pemerintah pusat guna untuk membantu pihak pelaku usaha perhotelan dan restauran yang ada di Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Asep Setiawan mengatakan bahwa penyaluran dana tersebut harus melalui mekanisme yang telah ditentukan.

Kriteria itu menentukan jumlah bantuan yang akan diterima oleh setiap para pelaku usaha hotel dan restoran.

Menurutnya, ada dua kriteria yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, yaitu ketentuan wajib pajak tahun 2021 dan TDUP yang masih aktif bagi pelaku usaha.

"Dari sebanyak 26 hotel yang ada di Kabupaten Bangka, yang memenuhi kriteria hanya sekitar 19 hotel. Sedangkan untuk 27 restoran yang ada hanya 12 yang penuhi kriteria," ujar Asep Setiawan, Senin (28/12/2020).

Asep menegaskan bahwa jika sudah ada yang memenuhi kriteria maka akan dilanjutkan dengan verifikasi oleh tim penilai guna memastikan jumlah yang terima.

Disamping itu juga akan disampaikan tata cara pelaporan penggunaan dana yang mana kewajiban bagi penerima bantuan.

Apabila dana tersebut masih ada sisa maka akan dikembalikan ke pusat.

"Ini merupakan bantuan yang bersifat bertahap yang dikhususkan kepada para pelaku usaha perhotelan dan restauran. Stimulusnya adalah agar kedepannya para pelaku usaha perhotelan dan restauran dapat taat pajak dan aturan," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan