Pemkab Bangka Siapkan 5 Milyar Dana Darurat Penanggulangan Bencana

Ibnuwasisto
Pemkab Bangka Siapkan 5 Milyar Dana Darurat Penanggulangan Bencana
Bupati Bangka Mulkan SH.MH bersama warga saat membersihkan sampah di Pasar Inpres Sungailiat. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Tak terasa musim hujan telah tiba, masalah seperti banjir, pohon tumbang dan lain sebagainya akan menjadi permasalahan yang akan di hadapi.

Dalam menyikapi hal tersebut, pemerintahan Kabupaten Bangka akan menyingkapinya dengan akan tetap bersiaga, apalagi saat ini sudah ada badan penanggulangan bencana daerah (BPBD).

"Apalagi saat ini BPBD sudah menjadi dinas tersendiri, jadi mereka sudah dapat menjalankan tupoksinya untuk menghadapi kendala-kendala disaat musim penghujan ini," ungkapnya, Sabtu (7/12/2019).

Sampai sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai adanya banjir. Baru sekali saja, beberapa hari yang lalu adanya banjir dalam kapasitas kecil di daerah Sidodadi, Sungailiat.

"Ini akan tetap akan pantau dan antisipasi terus menerus dengan kondisi curah hujan yang sudah mulai tinggi menjelang akhir tahun," jelas Bupati.

Pemerintah Kabupaten Bangka dalam tahun ini menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan penanggulangan bencana kurang lebih sebesar 5 milyar.

"Dan untuk tenaga ahli dari BPBD sendiri, kita sudah persiapkan cukup lama. Kenapa kemarin kita rekrut tenaga kontrak yang cukup banyak? ya salah satunya untuk mempersiapkan itu. Kami rekrut mereka lebih awal, karena untuk menjadi tenaga di BPBD harus mempunyai keahlian. Maka dari itu mereka mempunyai cukup waktu agar bisa melakukan pelatihan terlebih dahulu," tutup Mulkan.


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review