Pemkab Bangka Tengah Gelar Koordinasi Apel Siaga bencana alam

Admin
Pemkab Bangka Tengah Gelar Koordinasi Apel Siaga bencana alam

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, memperkuat koordinasi lintas sektoral untuk mengantisipasi musibah bencana alam.

"Musim hujan saat ini berpotensi terjadi bencana alam baik banjir maupun angin puting beliung fenomena alam La Nina," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman usai menggelar apel gabungan bersama TNI dan Polri kesiagaan bencana di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, bencana alam tidak bisa diprediksi kapan terjadi dan antisipasi perlu dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban.

"Kemungkinan terjadinya bencana alam di fenomena La Nina tentu ada, untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapai kemungkinan terjadi bencana alam tersebut," ujarnya.

Menurut dia, penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah.

"Namun demikian masyarakatlah sebagai garda terdepan jika terjadi bencana, maka perlu ditingkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana," ujarnya.

Ia mengatakan, apel gabungan bencana bersama instansi terkait merupakan wujud nyata sinergitas kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana.
"Masyarakat juga selalu diimbau untuk melakukan antisipasi dini terhadap potensi terjadinya bencana alam," ujarnya