Pemkab Bangka Tengah Komitmen Berantas Korupsi

kasmirudin
Pemkab Bangka Tengah Komitmen Berantas Korupsi
Rapat Koordinasi (Rakor) dan Supervisi Program Pemberatasan Korupsi Terintegrasi Tahun 2019 di Ruang VVIP Gedung Bupati Bangka Tengah, Senin (17/6/2019). (Foto: Faisal)

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Bangka Tengah H. Ibnu Saleh mengatakan sejak awal kepemimpinannya, dirinya sudah mencanangkan Bangka Tengah sebagai Island of Integrity dan komitmen itu terus dipertahankan hingga hari ini dengan melaksanakan tindakan tegas bekerja sama dengan tim gabungan seperti Kejaksaan Negeri Koba, Polres Bangka Tengah, Satpol PP dan Inspektorat melalui tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli).

Hal tersebut disampaikan Bupati pada saat Rapat Koordinasi (Rakor) dan Supervisi Program Pemberatasan Korupsi Terintegrasi Tahun 2019 di Ruang VVIP Gedung Bupati Bangka Tengah, Senin (17/6/2019).

“Kesungguhan komitmen dalam bentuk program Ini, adalah satu bukti bahwa Pemkab Bangka Tengah tidak main-main dalam upaya pemberantasan korupsi. Oleh karena itu, untuk dapat mewujudkan keadilan dan penegakkan hukum dengan baik khususnya yang terkait dengan korupsi, baik upaya pencegahan maupun penindakannya, kita bersinergi dengan lembaga hukum," ujar Ibnu Saleh.

Ibnu menjelaskan, untuk tetap menjaga integritas, saat ini semua pejabat di lingkungan Pemkab Bangka Tengah sudah mengikuti Diklat Revolusi Mental di Atha Hannas Subang.

"Untuk bisa melaksanakan pemerintahan yang bersih yang berwibawa, pegawainya perlu berintegritas tinggi, agar komitmen dalam mencegah dan menindak korupsi bisa di terapkan," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah I Sumatra Satgas Penindakan, Ardiansyah mengatakan, dalam upaya pencegahan korupsi serta mendorong tata kelola pemerintahan yang baik di Bangka Tengah, KPK melalui tim koordinasi supervisi melakukan asistensi dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan perpajakan dan aset serta perizinan. Sehingga dapat menambah PAD daerah.

"Tim koordinasi supervisi pencegahan KPK hadir sebagai langkah awal mengkoordinasikan upaya monitoring pencegahan dan perbaikan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan komitmen anti korupsi penyelenggaraa negara dalam menjalankan tugasnya di Kabupaten Bangka Tengah,” tukasnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa mendorong pencegahan korupsi secara sistematik dan mengurangi potensi kebocoran uang rakyat melalui penerapan rencana aksi dan proses pembimbingan.

Kasi Datun Dasmer, N Saragih menuturkan akan berkoordinasi dengan OPD terkait dalam melakukan pencegahan korupsi terkait dengan pajak dan lainnya.

"Kami akan bersama-sama dengan Pemkab Bangka Tengah dalam penindakan penunggakan pembayaran pajak dan lainnya," tutup Saragih. (BBR)


 

Penulis  : FAISAL
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review