Pemkab Basel Bentuk Tim Investigasi Ungkap Konflik PT SNS dengan Warga

Irwan
Pemkab Basel Bentuk Tim Investigasi Ungkap Konflik PT SNS dengan Warga

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemkab Bangka Selatan akan membentuk tim investigasi guna menindaklanjuti permasalahan antara PT Swarna Nusa Sentosa (SNS) dengan warga Lepar Pongok, Bangka Selatan terkait kisruh Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan sawit di Kecamatan Lepar Pongok.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid saat memediasi kedua belah pihak di Balai Daerah Pemkab Bangka Selatan.

"Keterangan dari pihak perusahaan dan warga ini kan berbeda, jadi kita bentuk saja tim investigasinya biar tahu siapa yang salah dan siapa yang benar, sehingga bisa kita carikan solusi permasalahannya," ungkap Riza, Senin (8/3/2021).

Dikatakannya, tim investigasi tersebut akan bekerja mencari fakta-fakta permasalahan yang dikeluhkan warga.

"Bangka Selatan ini melek investasi cuma ada aturannya, jangan sampai kalian berinvestasi di kami masyarakat dan alamnya tidak diperhatikan," jelasnya.

"Nanti, sambungnya tim investigasi ini akan di Pimpin Ibu Wabup dibantu dengan Ibu Kajari dan Pak Kapolres agar mendapatkan hasil objektif sebagai bahan saya mengambil keputusan," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, beberapa Permasalahan yang menjadi tuntutan warga Kecamatan Lepar Pongok antara lain terkait HGU terlantar, Pembangunan dermaga diduga di luar HGU dan merambah hutan mangrove, dan komitmen kebun Plasma dan CSR kepada warga. (BBR)

Laporan: Andre

Editor: Irwan