Pemkab Basel Bersama PT Timah Reklamasi Bekas Lahan Tambang di Air Inas

Irwan
Pemkab Basel Bersama PT Timah Reklamasi Bekas Lahan Tambang di Air Inas

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid dan Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi bersama Forkopimda Kabupaten melakukan penanaman kembali atau reklamasi PT Timah.

Bertemakan "Melalui Reklamasi Pasca Tambang, Mari Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup Khususnya di Bangka Selatan" reklamasi ini dilakukan di Air Inas, Desa Gadung, Komplek Perkantoran Pemkab Bangka Selatan, Senin (12/4/2021).

Direktur Operasi dan Produksi PT Timah, Agung Pratama menjelaskan bahwa PT Timah dalam kegiatan reklamasi ini melibatkan kelompok tani sekitar tambang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kepedulian terhadap pengendalian dan pengelolaan lingkungan.

"PT Timah melibatkan 3 kelompok tani dari Desa Gadung dan 1 Karang Taruna dari Desa Keposang, dengan luas lokasi reklamasi seluas 7.5 hektar dengan jarak tanam 8m x 8m dan jenis tanaman buah-buahan sebanyak 1170 tanaman yang terdiri dari Alpukat 390 batang, mente 390 batang, sirsak 390 tanaman dan tanaman tepian kolong cemara laut sebanyak 1125 batang, dengan penanaman tanaman buah-buahan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kepedulian terhadap pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup khususnya di Bangka Selatan," jelas Agung.

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Bangka Selatan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak terkait terutama kepada PT Timah dan Forkopimda yang menggagas kuat kegiatan ini dan juga mengajak untuk menggalakkan kepedulian untuk gemar menanam pohon disekitar kita.

"Mari kita galakan kepedulian kita terhadap lingkungan dengan gemar menanam pohon disekitar kita. Bagi PT Timah, sebagai pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) menanam di areal reklamasi selain merupakan suatu kewajiban juga berfungsi edukasi dan pemberdayaan bagi masyarakat karena dalam pelaksanaannya mengandung prinsip-prinsip perlindungan dan  pengelolaan  lingkungan hidup serta keselamatan dan kesehatan kerja seperti termaktub dalam peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2010 tentang reklamasi dan pasca tambang," ujar Riza.

Selanjutnya Riza mengajak seluruh kepala OPD serta intansi vertikal untuk menggerakkan para pegawainya untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menjaga keberlangsungan area reklamasi ini.

Mohon kiranya untuk Forkopimda khususnya dan seluruh kepala OPD serta instansi vertikal yang berhadir pada kegiatan ini agar berkenaan menggerakan para pegawainya untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya dimulai dengan menanam pohon disekitar kantor perkarangan rumah masing-masing dan mari kita jaga keberlangsungan area reklamasi ini untuk tetap menjaga keseimbangan alam guna mewariskan lingkungan yang bisa menopang kehidupan anak cucu kita kelak dikemudian hari," katanya.

Adapun rangkaian acara meliputi penyerahan bibit secara simbolis kepada Poktan Desa Gadung, Desa Keposang, Desa Mekar Makmur , dan Karang Taruna Desa Keposang. (BBR/ADV)

Laporan: Andre

Editor: Irwan