Pemkab Basel Rekomendasikan Masterplan

Admin
Pemkab Basel Rekomendasikan Masterplan
Foto:Ferly Aditya

TOBOALI, BABELREVIEW--Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menganjurkan pemerintah desa yang memiliki potensi pariwisata segera membuat masterplan agar pengembangan pariwisata yang akan dilakukan oleh pemerin-tah daerah dapat terintegrasi. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga melalui Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda mengatakan beberapa waktu lalu dinas telah memanggil perwakilan dari desa yang memiliki potensi pariwisata guna membahas rencana pembuatan masterplan pengembangan.

“Sejauh ini ada sekitar 6 desa yang telah didorong untuk membuat masterplan pengembangan potensi pariwisata,” ujar Hefi. Dikatakannya, enam desa yang sudah dikomunikasikan diantaranya yaitu Desa Bencah, Bedengung, Tukak dan Kepuh.

"Rencananya pembuatan masterplan tersebut akan dilakukan secara kolektif dengan menggandeng ahli dari salah satu universitas yang ada," jelasnya. Lebih lanjut ia mengatakan, rencananya Pemkab Basel akan mengucurkan dana ADD sebesar Rp 50 juta untuk masing-masing desa yang direkomendasikan untuk membuat masterplan.

Untuk keperluan tersebut pemerintah juga akan memfasilitasi. "Masterplan sangat penting, karena dalam membangun destinasi agar berjalan optimal dan efektif harus meminta ahli melihat potensi dan peluang yang dituangkan dalam perencanaan," tandas Hefi. Menurutnya, hal ini diusulkan guna adanya perencanaan pariwisata yang matang sehingga dengan adanya dokumen perencanaan maka pengajuan anggaran untuk membangun pariwisata Basel tidak menjadi terlalu sulit. “Sebab embrio pariwisata sudah terbentuk,” lanjut Hefi.

Guna menciptakan sinergisitas dalam percepatan pengembangan destinasi pariwisata yang ada di desa, Disparpora terus berkoodinasi dengan Dinas Sosial dan Pemerintah Desa.  “Agar berjalan lancar kami akan berkoodinasi dengan pihak pemdes, sehingga jangan sampai berbenturan dengan pihak pemdes dalam pengembangan destinasi wisata yang ada di desa,” tutup Hefi. (BBR)


Penulis : Andre     
Editor   : Sanjay
Sumber :Babelreview