Pemkab Bateng Sudah Beres Laporkan Penyesuaian APBD ke Pusat

Ahada
Pemkab Bateng Sudah Beres Laporkan Penyesuaian APBD ke Pusat
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Cherlini. (Faisal/babelreview.co.id)

BANGKATENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Cherlini memastikan Pemkab Bateng telah menyampaikan laporan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk penanganan Covid 19 ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kita sudah sampaikan secara resmi laporan penyesuaian APBD untuk penanganan Covid 19 ke Kemendagri dan Kemenkeu pada tanggal 14 Mei 2020," ujarnya kepada Babel Review, Selasa (19/5/2020).

Ia menyampaikan, Pemkab Bateng sudah menyesuaikan APBD untuk anggaran penanganan covid-19 sesuai dengan ketentuan yang tertuang di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) dua Manteri Kemendagri dan Kemenkeu.

"Merujuk pada ketentuan SKB, Pemkab Bateng sudah menyesuaikan dengan memangkas anggaran belanja modal sebesar 51,05 persen, sedangkan untuk belanja barang jasa dipangkas 34,18 persen," pungkasnya.

Diketahui, akibat dari keterlambatan penyampaian laporan penyesuaian APBD untuk penanganan Covid 19, Pemkab Bateng terkena pinalti penundaan penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 35 persen sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia, nomor 10/KM.7/2020 tanggal 29 April 2020. (BBR)
Laporan: Faisal