Pemkab Bateng Targetkan Replanting Lahan Sawit Seluas 500 Hektar

Irwan
Pemkab Bateng Targetkan Replanting Lahan Sawit Seluas 500 Hektar

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian menargetkan replanting seluas 500 hektar lahan kebun sawit masyarakat pada tahun 2021.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Sajidin saat ditemui oleh Babelreview.co.id di kantornya, Jumat (29/1/2021).

"Replanting lahan kebun sawit ini adalah Peremajaan Sawit Raya (PSR) yang bersumber dari dana non APBN maupun APBD yakni berupa dana hibah atau CSR dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang diperuntukan bagi kebun sawit masyarakat yang sudah tua atau tidak produktif lagi," ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Bangka Tengah masih memiliki banyak potensi peremajaan tanaman kelapa sawit, untuk itu pihaknya menargetkan kuota PSR bertambah ditahun 2021 dibandingkan tahun 2020.

"Tahun 2020 realisasi PSR kita untuk masyarakat mencapai 234 Ha, dan tahun ini kita naikan targetnya menjadi 500 ha," terangnya.

Ia menyampaikan, kuota PSR ini nanti akan tersebar di setiap kecamatan se Bangka Tengah dengan lebih mengutamakan perkebunan milik masyarakat yang memang sudah tidak produktif lagi dan sudah memasuki masa replanting.

"Program PSR ini jelas membantu masyarakat serta bisa menjadi pondasi jangka panjang sektor perkebunan kelapa sawit yang selama ini sudah berkontribusi untuk daerah maupun negara," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Faisal

Editor: Irwan