Pemkab Bateng Terbitkan Peraturan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19, Berikut Penjelasannya

faisal
Pemkab Bateng Terbitkan Peraturan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19, Berikut Penjelasannya
kepala Dinas Pendidikan, Iskandar (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pendidikan menerbitkan peraturan tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).

Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar menjelaskan, salah satu pokok penting dalam peraturan ini ialah mengenai mekanisme Ujian Sekolah, bahwa ujian atau tes yang diselenggarakan dalam bentuk tatap muka tidak boleh dilakukan.

"Sesuai instruksi pemerintah pusat, pelaksanaan ujian sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya,"ujarnya, Jumat (2/5/2020).

Ia mengatakan, untuk ketentuan pelaksanaan kelulusan, sekolah yang belum melaksanakan Ujian Sekolah berlaku ketentuan sebagai berikut

1. Kelulusan Sekolah Dasar (SD)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal). Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

2. Untuk kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

3. Bagi paket kesetaraan ditentukan berdasarkan nilai 5 semester terakhir. Nilai semester genap kelas 6, kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

4. Jika sudah melaksanakan ujian sekolah dapat digunakan sebagai nilai tambahan kelulusan serta tidak bisa dijadikam pengurangan nilai rata-rata dari akumulasi nilai lima semester terakhir pada kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 semester gasal (SD/MI) serta nilai lima semester terakhir (SMP/MTs)

Untuk ketentuan pelaksanaan penilaian akhir semester jenjang SD dan SMP atau sederajat yaitu:

1. Dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring atau bentuk asesmen jarak jauh.

2. Satuan pendidikan diberi kebebasan untuk melaksanakan ujian sekolah atau tidak selama dalam pelaksanaan tetap mematuhi protokol covid-19

3. Bagi satu pendidikan dipersilahkan melakukan penilaian akhir semester dengan sistem daring, namun nilai tidak mempengaruhi kenaikan kelas

Sedangkan untuk paket kesetaraan bisa melaksanalan ujian dengan membuat laporan pelaksanaan ujian dengan melampirkan foto atau screenshoot melalui pesan whatsaap dan dapat dengan ujian offline dengan melampirkan dan menyerahkan soal dan jawaban.


Penulis  : Faisal

Editor    : Admin03

Sumber : Babel Review