Pemkot Pangkalpinang akan Tertibkan PKL di Trotoar Pasar Induk

kasmirudin
Pemkot Pangkalpinang akan Tertibkan PKL di Trotoar Pasar Induk
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil bersama Forkompinda saat melakukan sidak ke Pasar Induk Pangkalpinang yang dinilai semerawut, Jumat (18/10/2019). (Foto: Gusti)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kota Pangkalpinang akan segera menerbitkan pedagang kaki lima (PKL), yang berjualan di atas trotoar dan badan jalan di kawasan Pasar Induk Kota Pangkalpinang.

"Dengan kondisi sekarang, kita harus mengambil tindakan tegas. Sudah berkali-kali kami (menertibkan) terhadap para pedagang yang menggangu kenyamanan lalu lintas," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil usai gotong royong di Pasar Induk, Jumat (18/10/2019).

Wali kota yang akrab disapa Molen ini menuturkan, kondisi lalu lintas di kawasan pasar kerap macet karena banyaknya PKL berdagang di bahu jalan.

"Besok melalui Pol PP kami bersama-sama dengan Forkompinda, camat dan lurah akan segera menerbitkan seluruh kawasan pasar ini. Saya rasa mereka sudah disiapkan tempat untuk berdagang didalam, diberi pemahaman dan disosialisasikan dengan baik saya rasa mengerti juga," bebernya.

Selain itu, di lokasi terpisah, Plt Kasat Pol PP Kota Pangkalpinang, Susanto mengatakan, besok akan segera melakukan tindakan penertiban di trotoar dan badan jalan di Pasar Induk Pangkalpinang.

"Besok, sekira 07.30 WIB kita kerahkan 10 orang personel Satpol PP untuk mengimbau dan mensosialisasikan kepada pedagang,merapikan dagangannya untuk tidak mendekati jalan," kata Susanto saat ditemui, Jumat (18/10/2019) sore.

Dikatakan Susanto, secara aturan trotoar tidak boleh digunakan untuk berjualan, sesuai fungsi trotoar untuk pejalan kaki.

"Pedagang yang berjualan di atas jembatan tetap kita larang. Nanti kita akan koordinasi dengan Disperindagkop, UPT Pasar, kecamatan, kelurahan, kita hanya sebatas mengimbau," katanya.

Ia juga menambahkan, wali kota Pangkalpinang menginginkan semua instansi yang berhubungan dengan pedagang dapat bersinergi bersama.

"Kita sudah menangkap keinginan Pak wali seperti itu, mudah-mudahan bisa kita laksanakan sesuai instruksi Pak walikota," ujarnya. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review