Pemkot Pangkalpinang Gelar Gowes Nusantara

kasmirudin
Pemkot Pangkalpinang Gelar Gowes Nusantara
Gowes Nusantara. (Foto:Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam rangka memperingati HUT Kota Pangkalpinang ke-262 tahun, Pemerintah Kota Pangkalpinang akan menggelar Gowes Nusantara.

Kegiatan yang merupakan program dari Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) itu, akan dilaksanakan pada 22 September 2019 mendatang dengan menempuh jarak sejauh 13 KM. 

Kasi Pembudayaan Olahraga Kota Pangkalpinang, Mashur Samsuri mengatakan selain dalam rangka HUT Kota Pangkalpinang tujuan dilaksnakan Gowes Nusantara tersebut untuk menggelorakan, mengajak, menggerakkan dan memotivasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat melalui aktivitas olahraga khususnya dengan sepeda. 

Selain itu, Gowes Nusantara ini juga untuk mempererat tali persaudaraan antar daerah. Sehingga  seluruh masyarakat siap dalam menghadapi era industri demi mewujudkan Indonesia maju.

"Salah satunya mengimplementasikan butir nawacita ke-9 yakni memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial melalui penguatan pendidikan kebhinekaan dan menciptakan ruang dialog antar warga melalui aktivitas bersepeda," ujarnya.

Adapun jarak yang ditempuh dalam Gowes Nusantara tersebut dimulai dari Alun-Alun Taman Merdeka (ATM), menuju Museum Timah, melewati Pasar Pagi, Bukit Merapen, kemudian menuju Jembatan Pahlawan 12, melewati Jalan Mentok. Dilanjutkan ke Jalan Selan atau Kodim 0413/Bangka, menuju kantor wali kota Pangkalpinang, lanjut masuk Jalan Soekarno Hatta, kemudian finish di ATM Pangkalpinang. 

"Pada prinsipnya kita mengajak masyarakat untuk berolahraga dimana saja, kapan saja bersama siapa saja. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Gowes Nusantara ini dipersilahkan mendaftar pada Dinas Pariwisata Pangkalpinang Bidang Pemuda Olahraga," bebernya.

Dirinya juga mengatakan, dalam pendaftaran Gowes Nusantara akan dibuka mulai Senin (9/9/2019) dan tidak dipungut biaya (gratis). Adapun dalam Gowes Nusantara mengikutsertakan semua jenis sepeda tanpa terkecuali. Bagi 1.000 pendaftar pertama akan mendapatkan T-shirts gowes nusantara selebihnya akan mendapatkan kupon doorprize.

"Kita targetkan sebanyak 3.000 peserta, dan kita juga telah melayangkan surat ke Kemenpora, agar dapat dihadiri Menpora langsung," tukas Dimas. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review