Pemkot Pangkalpinang Gelar Tes Swab Massal

kasmirudin
Pemkot Pangkalpinang Gelar Tes Swab Massal
Wali Kota Pangkalpinang saat memantau langsung kegiatan tes swap massal di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang, Rabu (20/5/2020). (Foto: Gusti Randa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kota Pangkalpinang mengadakan tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) secara massal dan gratis untuk warga Kota Pangkalpinang, terutama bagi masyarakat yang diduga kontak dengan pasien positif Covid-19 berdasarkan hasil tracking, di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang, Rabu (20/5/2020).

"Alhamdulillah, ternyata hari ini ada masyarakat yang proaktif ingin melaksanakan tes swab dengan kesadaran sendiri, di Pangkalbalam sudah berlangsung. Saat saya tanya sama mereka kenapa mau tes swab, jawabannya karena tidak mau menularkan virus ini kepada orang lain," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil usai memantau swab massal.

Molen sapaan akrabnya ini menyebutkan, pihaknya optimis Kota Pangkalpinang akan segera menuju zona hijau.

"Jadi saya imbau kepada seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang yang merasa terkena, merasa ragu dengan kondisi tubuhnya dan was-was atau melakukan kontak dengan yang positif Covid-19, silahkan datang ke kami, gratis tanpa dipungut biaya," kata Molen.

Ia mengatakan, untuk hasil swab sementara ini akan dibawa ke Litbangkes Palembang, sembari menunggu alat PCR yang sudah dianggarkan.

“Untuk plan b Pemkot Pangkalpinang akan bekerja sama dengan RSBT, sambil menunggu proses itu berlangsung. Kami tidak mau mengambil resiko, kami cepat kirim hasil swab ke Litbangkes Palembang," ujarnya. (BBR)


Penulis : Gusti Randa 

Editor   : Kasmir