Pemkot Pangkalpinang Resmikan Rumah Singgah di Jakarta

Irwan
Pemkot Pangkalpinang Resmikan Rumah Singgah di Jakarta

JAKARTA, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemkot Pangkalpinang meresmikan Rumah Singgah Pangkalpinang yang digunakan untuk tempat tinggal sementara, bagi warga yang kesulitan dalam mencari tempat bermukim, selama menjalani pengobatan di luar daerah.

Kehadiran Rumah Singgah ini merupakan bentuk kepedulian Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil kepada masyarakat, sejak dirinya masih berada di Palembang Sumatera Selatan, sebelum menjabat sebagai Wali Kota.

Impian Wali Kota ini pun telah terealisasi dengan diresmikannya Rumah Singgah Pangkalpinang di Jakarta, Jumat (5/2/2021).

Molen sapaan akrabnya ini menceritakan, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, kos-kosan yang dimiliki di Palembang sebelum menjabat sebagai wali kota, beberapa kamarnya digunakannya sebagai tempat singgah warga Bangka Belitung yang melakukan pengobatan.

"Hampir setiap bulan kosan saya ditumpangi untuk tinggal warga Babel yang berobat di Palembang," ujarnya.

Lanjutnya, kesedihan pun tak terbendung karena ada beberapa pasien yang berobat tersebut sampai meninggal dunia dan sangat memprihatinkan lagi, warga tersebut tidak mengetahui jika berobat menggunakan BPJS Kesehatan di luar Bangka Belitung, mereka akan bisa langsung dilakukan pemeriksaan.

"Kadang-kadang ada yang beberapa bulan baru dapat giliran (berobat). Buat makan saja susah. Jangankan berobat, belum sampai berobat mereka sudah meninggal," kenang Molen.

Bermula dari kesedihan itu, Molen bermunajat kepada Allah, jika dirinya diberikan kesempatan menjadi kepala daerah di Bangka Belitung, dirinya ingin membantu warga yang membutuhkan tempat untuk tinggal sementara, selama pengobatan dengan rujukan di luar kota melalui Rumah Singgah.

"Alhamdulillah hari ini, walaupun sudah berjalan beberapa bulan dan ada kendala karena Covid-19, kita sudah memiliki dua tempat Rumah Singgah, di Jakarta dan Palembang," kata Molen

Molen pun bersyukur akhirnya, dapat mewujudkan impiannya tersebut dengan Rumah Singgah Pangkalpinang yang diresmikannya ini.

"Artinya kita bisa, memberikan manfaat untuk masyarakat. Dengan dana satu miliar selama satu tahun, kita sudah dapat mewujudkan Rumah Singgah Pangkalpinang ini. Itu sudah termasuk rumah beserta isi, makannya serta petugas," ujarnya

Kedepannya, Molen pun mengungkapkan optimismenya untuk menambah dan melengkapi fasilitas rumah singgah tersebut dengan mobil ambulan, yang digunakan untuk memudahkan mobilitas warga Pangkalpinang, khususnya dan Bangka Belitung umumnya dalam melakukan pengobatan. (BBR/ADV)

Laporan: Gusti

Editor: Irwan