Pemprov Babel Dukung Integrasi Data UMKM Berbasis Kecamatan

Irwan
Pemprov Babel Dukung Integrasi Data UMKM Berbasis Kecamatan
Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah mendukung kegiatan bimbingan teknis pendataan UMKM By Name By Address berbasis kecamatan di Babel.

Hal ini sebagai implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019, karena kegiatan tersebut sangat penting dalam pengembangan UMKM ke depannya.

Hal itu dikatakannya ketika membuka kegiatan Bimbingan Teknis UMKM yang digelar secara virtual yang berlangsung di Ruang Rapat Wagub Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (26/11/2020).

Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia bertujuan untuk mewujudkan keterpaduan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan yang perlu didukung dengan data yang akurat, terpadu, dan mudah diakses.

Data UMKM menggambarkan usaha tersebut, baik di sektor bidang usaha, kondisi usaha, omset, informasi tenaga kerja, serta sejauh mana digitalisasi diterapkan dalam pengembangan usaha.

“Data UMKM yang akurat dapat memberikan kemudahan dalam menyusun program dan kegiatan yang tepat dan bermanfaat di antaranya legalisasi, perizinan, inkubasi bisnis bagi para start up, pengembangan SDM UMKM, manajemen bisnis, pemasaran berbasis online, dan marketplace sehingga bisa menciptakan UMKM naik kelas yang go digital go global,” jelas Wagub Fatah.

Melalui kegiatan bimbingan teknis ini harapannya, keseriusan operator baik provinsi, kabupaten, dan kecamatan se-Babel untuk memasukkan data UMKM ke dalam aplikasi yang disediakan sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah pusat dan stakeholders lainnya.

  • Halaman
  • 1
  • 2