Pemprov Babel Kerja Sama dengan ITS, Gubernur "Rayu' ITS Tularkan Ilmu Kelistrikan

kasmirudin
Pemprov Babel Kerja Sama dengan ITS, Gubernur
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman saat penandatanganan MoU dengan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Joni Hermana di Surabaya Jawa Timur.(Foto:Humas Prov Babel)

SURABAYA, BABELREVIEW -- Dalam rangka percepatan pembangunan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Paling gres, pada Senin (2/7/2018) telah dilakukan penandatanganan MoU yang dilakukan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Joni Hermana di Surabaya Jawa Timur.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyatakan, maksud dilakukannya kesepakatan bersama ini adalah untuk menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia, sumber daya alam, dan potensi daerah lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Sedangkan ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi sumber daya manusia, lingkungan hidup, perhubungan, energi dan sumber daya mineral, kelautan dan perikanan, pariwisata, sistem dan teknologi informasi, dan pengembangan wilayah,” papar Erzaldi.

Sebelum dilakukan penandatanganan MoU telah digelar pertemuan yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Inovasi dan Kerja Sama Ketut Buda. Dalam pertemuan ini disepakati untuk mengintensifkan pertemuan dan mencapai hasil yang maksimal sesuai harapan, maka dibagi menjadi tujuh kelompok tim teknis kerja sama antara ITS dan Pemprov Babel sebagai counter part, yakni Kelompok I Bidang Sampah dan TPA, Koordinator Warmadewanti dan dari Pemprov Babel adalah Dinas Lingkungan Hidup.

Kemudian Kelompok II Bidang Kapal Listrik dan Pabrik Kapal Bambu, Koordinator Agoes Achmad Masroeri dan dari Pemprov Babel Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Kelompok III Bidang Motor dan Mobil Listrik, Koordinator Bambang Sudarmanta dan dari Pemprov Babel Dinas Perhubungan. Kelompok IV Bidang Mineral Tambang dan Mineral Ikutan, Koordinator M. Zainuri dan dari Pemprov Babel Dinas Pertambangan.

Untuk Kelompok V Bidang Sistem Informasi, Penganggaran, dan Program Kerja, Koordinator Muhammad Mashuri dan dari Pemprov Babel diwakili oleh Biro Pemerintahan serta Bappeda.

Kelompok VI Bidang Transportasi Darat dan Transportasi Laut, Koordinator Firmanto dan Hera Widyastuti serta dari Dinas Perhubungan dan Bappeda Babel. Sedangkan KeloMpok VII Bidang Administrasi antara Biro Hukum ITS dengan Biro Hukum Pemprov Babel.

Dalam hal ini juga Gubernur Babel juga berencana untuk menyekolahkan dua orang ke ITS baik dari Politeknik Manufaktur ataupun dari Universitas Bangka Belitung khusus kerja sama di bidang kapal listrik dan pabrik kapal bambu.

Dalam pertemuan dan penandatanganan MoU ini dari pihak ITS selain dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor Bidang Penelitian, Inovasi dan Kerja Sama didampingi pula oleh pejabat di lingkungan rektorat ITS.

Sedangkan dari Pemprov babel Erzaldi didampingi pejabat dari Dinas ESDM, Bappeda, Bakuda, Diskominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Disperindag, Biro Ekonomi, Biro Hukum, dan Biro humas dan Protokol. (*/BBR)


Penulis : Kusuma
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview