Pemprov Babel Pertimbangkan Peningkatan Fasilitas Puskodalops TGPP Covid-19

kasmirudin
Pemprov Babel Pertimbangkan Peningkatan Fasilitas Puskodalops TGPP Covid-19
Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah saat berkunjung ke Pusat Komando Pengendalian Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Babel, Jum'at (10/4/2020) siang. (Foto: Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah melakukan kunjungan ke Pusat Komando Pengendalian Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Babel, Jum'at (10/4/2020) siang.

Pada kunjungan tersebut Wagub Abdul Fatah langsung bertemu dengan Ketua Sekretariat Puskodalops, Mikron Antariksa.

Abdul Fatah mengatakan, kunjungan tersebut sengaja dilakukan, untuk melihat secara langsung kondisi dan fasilitas yang ada di Puskodalops Babel sebagai pusat informasi resmi perkembangan penanganan Covid-19 di Babel.

Sebelumnya wagub juga melakukan kunjungan serupa ke Palang merah Indonesia (PMI) Pangkalpinang.

"Saya dari PMI, saya melihat kawan-kawan juga mendukung operasi BPBD ini dan saya lihat PMI juga mendapatkan beberapa alat bantu satu di antaranya disinfektan itu ada alat dan obatnya. Jika itu habis kami mencoba untuk mendapatkannya dari BPBD, sesuai permintaan masyarakat dan instansi," katanya kepada awak media.

Sebelum itu, Abdul Fatah menceritakan pihaknya juga melakukan kunjungan ke PMI Bangka Barat setelah mendapat kabar bahwa di sana kekurangan alat dan tenaga medis. Di sana ia melakukan penyemprotan di fasilitas umum dan perkantoran.

"Tetapi perlu dimengerti juga, jika ternyata secara bersamaan habis, paling kami minta pengertiannya bahwa kita juga belum menerima bantuan lagi dari PMI Pusat," ungkapnya.

Selain itu, untuk menunjang operasionalisasi PMI di Provinsi Bangka Belitung, Ia menuturkan PMI Babel mendapat bantuan mobil pick up dari PMI pusat untuk mempermudah mobilisasi operasional PMI guna membantu pencegahan dan penanganan Covid-19 di Babel.

Sementara terkait dengan kunjungan wagub ke Puskodalops, Ia mengatakan untuk saat ini sudah representatif sebagai pusat komando yang bisa memberikan informasi yang informatif sekali berkaitan dengan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Babel.

"Tempat ini sangat cocok sebagai pusat komando disamping tempatnya luas, Disni juga dapat segera dan cepat melayani jika ada pihak atau masyarakat yang hendak langsung menanyakan informasi ke BPBD," ujarnya.

Terkait mengenai peningkatan fasilitas di Puskodalops, Abdul Fatah pun memberi angin segar. Menurutnya, jika peningkatan fasilitas tersebut mengarah pada upaya pencegahan penyebaran dan penanganan Covid-19, hal tersebut dapat diupayakan.

Apalagi saat ini seluruh aktifitas memang tengah difokuskan pada hal tersebut. Namun, dengan kondisi ini juga pendapatan negara sedang mengalami penurunan. Sehingga dilakukan rasionalisasi yang kemudian juga berpengaruh sekali terhadap daerah.

"Adanya kebijakan tersebut tentu mempengaruhi DAU, DAK Dan DID kita, tapi nanti kita lihat lagi. Karena membelanjakan uang negara ini ada mekanismenya, sehingga dibenarkan dalam pertanggungjawabannya nanti. Karena itu Pemprov Babel saat ini sedang giat-giatnya melakukan reaktifitas untuk menyesuaikan penerimaan dan pengeluaran, jika ternyata turun harus kita sesuaikan agar tidak defisit," pungkasnya. (BBR)


Penulis   : Diko Subadya 

Editor     : Kasmir

Sumber  : Babel Review