Pengendara Jalan Pangkalpinang-Sungailiat Terobos Banjir di Sejumlah Titik

Irwan
Pengendara Jalan Pangkalpinang-Sungailiat Terobos Banjir di Sejumlah Titik

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Sejumlah titik di Jalan Raya Sungailiat - Pangkalpinang tergenang banjir, Rabu (13/1/2021). Hal tersebut dikarenakan curah hujan tinggi yang berlangsung dua hari terakhir.

Berdasarkan pantauan Babel Review, beberapa titik jalan tersebut tergenang air seperti jalan di Desa Pagarawan (Sebelum jembatan Selindung), Jalan utama Baturusa (Dekat Tambak Udang) dan yang cukup tinggi yakni genangan air tepat di dekat Jembatan Baru Baturusa.

Selain akibat dari curah hujan yang tinggi, pasang air laut juga menjadi penyebab meluapnya air ke sejumlah titik tersebut.

Akibatnya, sejumlah pengguna jalan harus menurunkan kecepatan saat melalui genangan air tersebut.

Selain berbahaya karena jalan yang licin, para pengendara juga khawatir kendaraan bisa rusak jika di paksakan untuk tetap jalan.

Akibatnya beberapa pengendara sepeda motor terpaksa mendorong kendaraan yang mereka gunakan untuk melewati genangan air tersebut.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Babel Agung Setiawan mengatakan, pihaknya akan segera menyampaikan kondisi ini kepada kementrian PUPR langsung, mengingat jalan tersebut merupakan jalan nasional.

“Pasangnya air laut disertai dengan hujan tinggi mengakibatkan banjir disini," kata Agung saat melakukan peninjauan langsung titik banjir yang terjadi di seputaran Jembatan Baturusa, Rabu (13/1/2021).

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir tersebut, dikatakan Agung, jalan sebelum masuk jembatan tersebut perlu ditinggikan lagi hingga 50 cm agar air tak masuk.

“Dengan begitu air tidak akan masuk dam pengguna jalan bisa aman. Selain itu, kalau terlalu lama seperti ini jalannya bisa retak dan rusak, seperti kondisi saat ini," jelasnya.

Agung juga meminta pihak eksekutif untuk mulai bertindak mencari solusi agar Bangka Belitung bebas dari banjir.

“Harapan kami eksekutif harus cepat bertindak, mereka harus merencakan dan memprogramkan Babel bebas banjir," harapnya. (BBR)

Laporan: Diko

Editor: Irwan