Penginapan A1 Bukit Samak Tawarkan Panorama Alam yang Indah

Admin
Penginapan A1 Bukit Samak Tawarkan Panorama Alam yang Indah
foto:Vera Vlesia

MANGGAR, BABEL REVIEW -– Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, manusia berusaha menggunakan waktu dan tenaga untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Tingginya aktivitas pada kehidupan sehari-hari, tidak sedikit yang menggunakan waktunya untuk mencari hiburan sekaligus penginapan dan rekreasi dengan tujuan melupakan sejenak kesibukan dan kejenuhan.

Tempat-tempat yang memiliki pemandangan alam juga menjadi tujuan wisata untuk melepaskan penat, menenangkan diri dan pikiran serta berfungsi sebagai tempat refreshing yang dapat dilakukan dengan cara menikmati pemandangan alam serta menikmati udara yang segar tanpa adanya polusi udara

Salah satu penginapan yang menawarkan pemandangan alam sekaligus pantai adalah Penginapan A1 Bukit Samak, Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Lokasinya menyuguhkan panorama keindahan alam dari atas bukit sehingga terlihat keseluruhan Kota Manggar dengan laut dan pantai nan indah.

Kawasan ini sebelumnya merupakan kawasan rumah peninggalan Belanda yang kemudian didiami para pejabat PT. Timah, namun sekarang sudah berubah fungsi dan hanya beberapa rumah besar yang dijadikan Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati Beltim.

Penginapan yang dimiliki Khairul Effendi, mantan Bupati Beltim ini sangat diminati wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Tidak sedikit warga asing menginap untuk menikmati pemandangan yang indah sekaligus menghirup udara segar. Selain itu, kawasan ini terbuka untuk warga sekitar yang ingin menikmati akhir pekan atau bersantai dengan keluarga dan rekanrekan.

“Kawasan ini sangat diminati wisatawan karena pemandangannya sangat indah. Berada di puncak bukit dan udaranya segar. Kita kerjasama dengan agen travel, baik dari Belitung maupun dari luar Belitung,” kata Khairul Effendi. Khairul Effendi yang dulu pernah menjabat Wakil Bupati Beltim dengan pasangannya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini  mengatakan peran pemerintah dan swasta untuk meningkatkan pariwisata Belitung Timur sangat penting.

Mereka sangat berperan dalam menumbuhkan dan mengembangkan pariwisata. Sementara itu Emi selaku pengelola  Penginapan A1 Bukit Samak Manggar mengungkapkan sejak dibangun tahun 2006 yang lalu, penginapan ini sudah berkembang menjadi sembilan kamar dengan tiga kamar VIP, enam kamar standar dan saat ini sedang proses pembangunan empat kamar VIP.

Harganya pun terjangkau yakni sehari Rp 250 ribu/ kamar. Terdapat pula di penginapan ini gedung pertemuan yang bisa menampung sekitar 200 orang. Emi mengungkapkan harga yang ditawarkan untuk menginap belum termasuk sarapan, namun ada spesial menu khas Belitong yang biasa dipesan wisatawan yakni  Makan Bedulang.

 “Kami selalu mendapat pesanan Makan Bedulang dari wisatawan yang menginap. Makanannya bervariasi, mulai dari gangan ikan, mie belitung, sayur iding-iding, pampi, bakso ikan hingga ikan bakar,” ungkap Emi. (BBR)


Penulis :Vera Vlesia
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview