Penyerapan 30 Persen Anggaran APBDes, Potensi UMKM di Bangka Tengah Meningkat

kasmirudin
Penyerapan 30 Persen Anggaran APBDes, Potensi UMKM di Bangka Tengah Meningkat
Camat Pangkalanbaru, Risaldi. (foto: Faisal)

PANGKALANBARU, BABELREVIEW.CO.ID -- Camat Pangkalanbaru, Risaldi mengatakan banyak kebijakan Bupati Bangka Tengah yang mendukung berkembangnya UMKM di Bangka Tengah.

"Meningkatnya perkembangan UMKM di Bangka Tengah, akibat dari kebijakan bupati yang mewajibkan penggunaan minimal 30% dana APBDes untuk pemberdayaan masyarakat,” ungkap Risaldi.

Ia menjelaskan, sudah seluruh desa menerapkan kebijakan bupati tersebut untuk mengembangkan UMKM dan potensi desa masing-masing, termasuk desa di wilayah Kecamatan Pangkalanbaru.

"Kenapa kebijakan bupati sangat luar biasa, dalam pemberdayaan masyarakat itukan isinya kegiatan kepemudaan, kegiatan keagamaan, termasuk pengembangan UMKM seperti pelatihan, pemasaran, dan lain-lain,” ujar camat Pangkalanbaru kepada Babelreview.co.id, Jumat (22/2/2019).

Risaldi mengatakan, dana APBDes itu sangat besar, menyentuh Rp 1 miliyar lebih. 30 persen dari dana tersebut sudah lebih dari cukup untuk modal pengembangan pemberdayaan masyarakat.

"Untuk Kecamatan Pangkalanbaru sendiri, penyerapan anggaran APBDes lebih banyak dipriortaskan ke pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan pelaku usaha kecil atau UMKM,” tuturnya.

Oleh karena itu, Risaldi, berharap kepada pemerintah atau dinas terkait. Sekarang bagaimana mencari solusi strategi pemasaran, agar hasil UMKM tidak hanya dikonsumsi masyarakat lokal.

"Kebijakan bupati dalam mengembangkan UMKM dari dana APBDes kan sudah diterapkan, sekarang saya berharap dinas terkait mencari cara bagaimana hasil dari pengembangan UMKM tidak hanya di konsumsi masyarakat local. Namun, juga dikonsumsi oleh masyarakat di luar daerah,” tandasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal                                         
Editor    : Kasmir 
Sumber  :Babel Review