Perangkat Daerah Diminta Segera Susun Laporan Keuangan Tahun 2018

kasmirudin
Perangkat Daerah Diminta Segera Susun Laporan Keuangan Tahun 2018
Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Babel Darlan saat menjadi Pembina Upacara Mingguan di Halaman Kantor Gubernur, Senin ( 21/1/119). (ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Babel, Darlan, mengingatkan seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi  Babel, segera menyusun Laporan Keuangan PD Tahun Anggaran 2018.

Laporan Keuangan Perangkat Daerah berbasis aktual itu, dibuat diantaranya terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, Arus Kas, Catatan Laporan atas Keuangan, Laporan Operasional, Perubahan Equitas, yang nanti akan dipantau dan direview oleh Tim Inspektorat, untuk Laporan Keuangan Perangkat Daerah.

“Kalau ada satu hambatan dari perangkat daerah yang menyampaikan laporan keuangan, otomatis akan menghambat laporan keuangan Pemprov. Ini menjadi catatan kita semua, jangan sampai terlambat untuk tahun ini,” ujar Darlan saat menjadi Pembina Upacara Mingguan di Halaman Kantor Gubernur, Senin ( 21/1/2019).

Darlan menyebutkan, tahun kemarin (2018) cukup cepat Pemprov Babel menyampaikan laporan. “Kalau kita terlambat, ini menjadi salah satu komponen yang akan menghambat kita untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Tahun kemarin, kita sudah mendapatkan Opini WTP dari BPK, dan kita dapat insentif dari Kemenkeu sebesar Rp25 miliar. Itu sudah kita gunakan dalam DPA untuk peningkatan pengawasan, peningkatan keuangan, dan infrastruktur. Jadi, jangan sampai kita tidak bisa mempertahankan WTP,” kata Darlan.

Selain itu, Darlan juga mengingatkan kepada perangkat daerah, karena telah memasuki Tahun Anggaran 2019. Maka, harus mempercepat pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dan telah tersusun kedalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Beberapa perangkat daerah telah mengumumkan ke Sistem Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) masing-masing, terkait dengan rencana umum pengadaan, dan sebagian sudah melaksanakan lelang sesuai dengan instruksi Pak Gubernur,” ungkapnya.(BBR)


Penulis  : Diko      
Editor    : Kasmir
Sumber : Babelreview