Perda Sudah Disahkan, Siap-siap Pelanggar Prokes Covid-19 Dikenakan Sanksi Denda atau Kurungan

Irwan
Perda Sudah Disahkan, Siap-siap Pelanggar Prokes Covid-19 Dikenakan Sanksi Denda atau Kurungan
Bupati Bangka Mulkan

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Usai menghadiri sidang paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bangka, Bupati Bangka Mulkan menuturkan dengan sudah disahkan Perda Protokol Kesehatan dalam penanganan Corona Virus Desease 2019 bertujuan untuk menegakkan peraturan dalam penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Dalam menyingkapi masyarakat yang tidak bisa didekati secara persuasif, maka dengan adanya Perda tersebut merupakan salah satu dasar dalam memberikan pemahaman maupun pembelajaran bagi masyarakat.

Sejauh ini pemkab Bangka melalui Satgas Covid-19 telah melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan Covid-19 kepada warga.

"Setiap hadir di setiap kegiatan kemasyarakatan selalu saya sampaikan bahwa pada akhir tahun 2020 akan disahkannya perda protokol kesehatan Covid-19. Tetapi setelah Perda ini diregistrasi maka kami juga tidak menghendaki adanya penindakan kepada masyarakat," jelasnya, Kamis (31/12/2020).

Namun apabila masyarakat tetap tidak mentaati apa yang telah diimbaukan maka pihaknya mau tidak mau akan menerapkan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 sesuai peraturan yang ada.

Baik itu saksi berupa denda secara administrasi ataupun kurungan.

"Kami sampai dengan hari ini tetap terus melakukan sosialisasi dan pemantauan terhadap masyarakat agar taat dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Apalagi hari ini menjelang malam pergantian tahun, jam 5 sore nanti sudah menggelar pemantauan dilapangan," imbuh Mulkan.

Kemudian ia mengharapkan kesadaran dari semua masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan Covid-19.

Dengan adanya Perda Covid-19 merupakan suatu bentuk komitmen Pemkab Bangka dalam memutuskan mata rantai penyebaran penularan virus corona.

"Ketika nanti masih ada masyarakat yang masih bandel maka kami akan kenakan sanksi sesuai aturan yang ada, dan peraturan daerah ini harus segera diterapkan. Nantinya tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka yang akan melakukan penindakan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 ini," tutupnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan