Perdana Seleksi MTQ Korpri Bateng 2022, Algafry: Jaring Potensi Kafilah

Admin
Perdana Seleksi MTQ Korpri Bateng 2022, Algafry: Jaring Potensi Kafilah

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID - Lantunan ayat-ayat suci Alquran menggema di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bangka Tengah, Selasa (21/06/2022), menandai dibukanya gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri Tingkat Kabupaten Bangka Tengah yang digelar oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Bangka Tengah.


"Bacalah Alquran, karena sesungguhnya Alquran itu akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi pembacanya," sepenggal kalimat pengantar dari hadist riwayat muslim yang dibacakan oleh Bupati Bangka Tengah dalam kesempatan itu.


Algafry menambahkan, kegiatan ini sesungguhnya merupakan stimulus bagi kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi teladan dalam mengamalkan nilai-nilai Alquran di kehidupan sehari-hari.
"Disamping itu juga, melalui MTQ Korpri ini sebagai momentum untuk menjaga spirit pengabdian serta menumbuhkan dan memberikan warna bagi keragaman untuk persatuan Indonesia," ujarnya.
Pemerintah Daerah mengapresiasi terselenggaranya agenda MTQ Korpri tingkat Kabupaten Bangka Tengah yang dilaksanakan pada hari ini.


"Kami mengapresiasi pihak panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Bekerjalah dengan ikhlas dan sebaik-baiknya, semoga mendapatkan pahala dan nikmat yang tiada terhingga dari Allah SWT. Kepada para dewan hakim, saya titipkan amanat agar menyeleksi para qari dan qariah dengan objektif," harap Bang Ayi sapaan akrabnya.


"Karenanya peserta yang berhasil lolos pada hari ini akan mewakili Korpri Kabupaten Bangka Tengah pada tingkat Provinsi Bangka Belitung Agustus 2022 mendatang. Lolos ditingkat provinsi akan melanjutkan ke tingkat nasional pada November di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat," tutupnya.


Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Korpri Tingkat Kabupaten Bangka Tengah, Dori Oktora, menyampaikan, agenda seleksi ini dilakukan perdana di Bateng. Sebelumnya, Bateng langsung memilih dan mengirimkan tanpa melakukan proses seleksi.
"Sehingga ada beberapa PNS atau P3K yang memiliki potensi namun tidak terjaring. Kita sudah mengirimkan surat ke semua OPD termasuk UPT Kepala Sekolah untuk meminta nama sebagai peserta dan sebanyak 44 peserta hari ini akan mengikuti tahap seleksi di tingkat Kabupaten Bangka Tengah," jelas Dori.


Ia menambahkan, 44 orang peserta tersebut terdiri atas cabang tartil pria sebanyak 4 orang, tilawah quran wanita sebanyak 4 orang, tilawah pria sebanyak 4 orang, tilawah wanita sebanyak 3 orang, hifzil quran wanita dan pria sebanyak 7 orang.


Selanjutnya, untuk dakwah pria sebanyak 4 orang, dakwah wanita sebanyak 1 orang, kaligrafi pria dan wanita sebanyak 5 orang, adzan sebanyak 7 orang, khutbah jumat 1 orang dan karya tulis ilmiah sebanyak 3 orang.
"Harapannya kedepan, agenda ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan lebih semarak lagi serta dapat diikuti lebih banyak lagi peserta," tutup Dori.


Turut dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Dewan hakim dan peserta MTQ Korpri Bateng.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Karina Ningsih
Editor: Kumala Sari Dewi