Pergantian Kru Kapal Telah Selesai, Status “Dalam Karantina” Kapal Tanker MT. Gebang Dicabut

buditio
Pergantian Kru Kapal Telah Selesai, Status “Dalam Karantina” Kapal Tanker MT. Gebang Dicabut
Proses pergantian kru MT. Gebang. Rabu, 13/05/2020.(foto:ist)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID – Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, sebanyak 29 kru pengganti kapal tanker MT. Gebang mulai menempati posisi mereka. Proses pergantian kru dan evakuasi kru kapal tanker tersebut dilakukan pada hari Rabu, 13/05/2020. Seperti kita ketahui sebelumya, bahwa kapal tanker tersebut berstatus “Dalam Karantina” karena ada 15 orang kru yang terkonfirmasi positif covid-19.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dokter Bangun Cahyo, menyampaikan kepada BBR bahwa proses pergantian kru kapal tersebut telah selesai dilaksanakan pada Rabu malam. Sebanyak 29 kru pengganti Kapal Tanker yang sebelumnya telah dipastikan bebas covid-19 melalui swab tes, sudah menempati posisi dan 21 kru kapal tanker yang lama dievakuasi menggunakan 2 Kapal Tugboat menuju Plaju, Sumatera Selatan. Begitu juga dengan 1 Kapal Tugboat yang saat ini berstatus “Dalam Karantina” juga bergeser ke Plaju. Total ada 3 kapal Tugboat yang bergerak menuju Plaju, Sumsel pada hari Rabu, 13/05/2020, pukul 21.30.

“Proses pergantian kru dan evakuasi dimulai pukul 14.00, diawali dengan menurunkan 11 kru kapal tanker ke salah satu tugboat. Kemudian kapal tanker tersebut kita lakukan desinfeksi pada seluruh bagian kapal oleh Team KKP Kelas III Pangkalpinang. Setelah proses tersebut selesai, baru dilanjutkan dengan serah terima kapal tanker tersebut dari nahkoda lama ke nahkoda baru”sampainya.

“Dalam proses serah terima ini, nahkoda baru dan nahkoda lama menggunakan baju pelindung diri lengkap untuk memastikan keamanan dan kesehatan mereka. Kemudian diikuti dengan evakuasi kru kapal tanker tersebut ke kapal tugboat. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 14.00 sampai dengan 21.30. Dengan selesainya kegiatan tersebut, dan adanya pergantian kru, maka status “Dalam Karantina” kapal tanker MT. Gebang telah dicabut sehingga dapat melakukan kegiatan seperti semula, yakni untuk mensuplai kegiatan kebutuhan minyak di kilang Plaju”jelas dr. Bangun.

Dokter Bangun juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Kepulauan Bangka Belitung dan semua pihak terkait atas dukungan dan bantuan yang telah dilakukan, mulai awal kegiatan masa karantina sampai dengan saat ini. (BBR)


Penulis   : buditio

Editor     : Admin05

Sumber  : Babel Review