Pergub Protokol Covid-19 Tinggal Ditandatangi, Penegakan Protokol Covid-19 Akan Dimulai

Ahada
Pergub Protokol Covid-19 Tinggal Ditandatangi, Penegakan Protokol Covid-19 Akan Dimulai
Ilustrasi. (Ist) 

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Persiapan menuju hidup dengan Tatanan yang baru di Bangka Belitung (Babel-red) sudah mulai dipersiapkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Langkah ini diambil sebagai respon atas kondisi pandemi yang masih belum pasti kapan akan berakhir.

Sementara, kondisi ekonomi terus melemah, Anggaran Penanganan Covid-19 pun tak dipungkiri mulai terkuras.

Kondisi ini kemudian yang harus segera direspon cepat oleh Pemerintah daerah. 

Lalu, Penerapan New Normal pun menjadi opsi untuk diambil ditengah kondisi saat ini. 

Dibukanya kembali Pariwisata, Perhotelan, Cafe dan restaurant diharapkan bisa membangkitkan kembali gairah ekonomi yang terpuruk akibat pandemi.

Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung pun telah melakukan berbagai persiapan salah satunya dengan sosialisasi yang dilakukan tim satgas.

Sekretaris GTPPC-19 Babel, Mikron Antariksa menjelaskan untuk menerapkan New Normal,  pihaknya kini tengah melakukan pelbagai langkah-langkah persiapan.

"Jadi begini ada 5 tahapan didalam pelaksanaan New Normal yang tengah kita lalukan yang tahapan pertama yakni pra kondisi, dengan pelaksanaan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19," katanya kepada Babelreview di Pangkalpinang.

"Hal ini yang sedang dilakukan oleh Tim Penegakan Disiplin Inspeksi dan verifikasi Protokol Normal Baru yang terdiri dari Camat/Lurah, TNI, POLRI, KUA, Puskesmas, Relawan Covid-19 serta Tokoh Agama/Masyarakat, setidaknya selama satu minggu. Kemudian setelah sosialisasi, minggu selanjutnya dilanjutkan dengan penegakan protokol Covid-19," tambah Mikron.

Dijelaskan Mikron, tim tersebut dibentuk melaksanakan tugas diantaranya memeriksa kelengkapkan persyaratan dalam inspeksi kesiapan normal baru sesuai dengan formulir yang telah disediakan.

Kemudian mengecek seluruh persyaratan yang wajib dipenuhi sesuai check list inspeksi normal baru, Tim menandatangani formulir Inspeksi dan verifikasi tersebut sesuai dengan kenyataan yang ada dan tim akan menempelkan stiker Lulus Inspeksi di tempat yang diinspeksi tersebut apabila telah dinyatakan lulus inspeksi. 

"Nanti tim ini yang melakukan pengecekan kelengkapan serta keperluan yang harus dipenuhi pihak resto, hotel dan lain-lain, mereka yang akan jadi garda terdepan kita menuju new normal," ujarnya.

Tahapan kedua yang harus dilaksanakan..

  • Halaman
  • 1
  • 2