Peringati Hari Lansia Nasional, Sahabat JCA Berbagi Paket Sembako

kasmirudin
Peringati Hari Lansia Nasional, Sahabat JCA Berbagi Paket Sembako
Sahabat JCA berbagi paket sembako untuk lansia yang ada di Desa Simpang Rimba dan Desa Gudang, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (29/5/2020). (Foto: Istimewa)

SIMPANGRIMBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Usai merayakan Idulfitri 1441 hijriah, Sahabat JCA (Juanda Central Anugrah) langsung melakukan kegiatan berbagi kepada sesama. Dalam memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-24 tahun 2020, Sahabat JCA berbagi paket sembako untuk warga yang sudah usia lanjut, Jumat (29/5/2020).

Hari Lansia merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia.

Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Sebagai wujud dari penghargaan terhadap orang lanjut usia, pemerintah membentuk Komnas Lansia (Komisi Nasional Perlindungan Penduduk Lanjut Usia), dan merancang rencana aksi nasional lanjut usia di bawah koordinasi Menko Kesra. Komnas Lansia dibentuk berdasarkan Keppres Nomor 52 tahun 2004 dan bertugas sebagai koordinator usaha peningkatan kesejahteraan sosial orang lanjut usia di Indonesia.

Sahabat JCA memperingati Hari Lansia dengan memberikan kejutan, langsung datang ke rumah para lansia untuk berbagi paket sembako.

Juanda, Ketua Sahabat JCA mengatakan, untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2020 ini, Sahaba JCA berbagi paket sembako untuk lansia yang ada di Desa Simpang Rimba dan Desa Gudang, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan.

“Setiap paket sembako berisi beras, gula, kopi, susu, minyak sayur, gandum, sarden, mie, garam dan roti. Ini baru  pertama kalinya Sahabat JCA mengadakan kegiatan di Hari Lansia Nasional, insya Allah kegiatan ini akan kami lanjutkan dan jadikan program tahunan,” kata Juanda.

Menurut Juanda, momentum peringatan Hari Lanjut Usia Nasional hendaknya menjadi pendorong bagi semua untuk lebih memperhatikan keberadaan para Lansia. Semua Lansia adalah orang tua, sehingga sudah seharusnya mendapat perhatian dan kepedulian.  

Untuk itu, dirinya mengajak kepada masyarakat umumnya dan generasi muda khususnya, untuk meningkatkan kesadaran diri, partisipasi dan kepedulian sosial terhadap para lansia. agar mereka mampu untuk memiliki jiwa yang sehat, produktif dan mandiri dalam menjalani kehidupan sosialnya.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, meskipun sempat diguyur hujan, kami tetap melakukan kunjungan ke rumah para lansia. Terima kasih kepada Sahabat JCA dan Ar Razin Water. Tak lupa keluarga besar Sahabat JCA mengucapkan selamat Hari Lanjut Usia Nasional ke-24 tahun 2020. Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah, amin,” tutupnya. (BBR)


Penulis : Juanda (CJ)

Editor   : Kasmir