Peringati HUT ke-75 RI Mahasiswa KKN Desa Kimak Ziarah ke Makam Pahlawan Depati Bahrin

Ahada
Peringati HUT ke-75 RI Mahasiswa KKN Desa Kimak Ziarah ke Makam Pahlawan Depati Bahrin
Mahasiswa KKN UBB melakukan ziarah ke makam pahlawan Depati Amir di Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Minggu (17/8/2020). (Foto: Istimewa)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Bertepatan dengan HUT ke-75 Republik Indonesia, mahasiswa KKN UBB Angkatan XV melakukan ziarah ke makam Pahlawan Depati Amir yang berada di Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Kegiatan tersebut didampingi H Abdul Manan, penjaga makam, Senin (17/8/2020).

Kegiatan ziarah ini untuk mengenang jasa pahlawan khususnya pahlawan dari Bangka Belitung.

Adapun agenda yang dilakukan dalam kegiatan tersebut yaitu membaca surah yasin bersama untuk mendoakan para pahlawan.

Abdul Manan menceritakan sejarah dari pahlawan Depati Bahrin tentang latar belakang keluarga, perjuangan, hingga cerita Abdul Manan dalam menjaga makam Depati Amir serta suka duka beliau selama merawat makam tersebut.

Makam Pahlawan Depati Bahrin telah 20 tahun dirawat H. Abdul Manan, yang merupakan sosok yang memiliki jiwa nasionalisme dan rasa kepeduliannya yang tinggi.

“Harapan untuk makam Depati Bahrin, semoga generasi muda dapat meningkatkan kepekaan untuk menumbuhkan rasa perduli dan membantu dalam merawat makam pahlawan tersebut,” tukasnya.

Ia berharap, semoga ada donatur yang ikhlas membantu dalam pembangunan infrastruktur makam tersebut, agar lebih banyak lagi orang yang berkunjung dan merasa menjadi lebih nyaman.

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, mahasiswa KKN Desa Kimak berharap agar generasi muda dapat lebih menghargai jasa para pahlawan.

Sebagaimana Ir. Soekarno mengatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (BBR)
Penulis: Siti Sarinah dan Apriliana Maya Lestari (Mahasiswi KKN UBB)