Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Tenun Cual

kasmirudin
Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Tenun Cual
Dekranasda Kabupaten Bangka menggelar pelatihan tenun cual bagi ibu-ibu rumah tangga di Gedung Dekranasda Bangka, Rabu (20/3/2019). (foto:Pras)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Pelatihan tenun cual bagi ibu- ibu rumah tangga masa kini, begitu penting. Karena selain memiliki kegiatan, juga bisa menghasilkan perajin - perajin cual baru di Bangka Belitung. Sehingga bisa menghasilkan motif terbaik dengan kualitas yang bagus. Hal ini disampaikan perajin dan pelatih tenun cual tradisional khas Bangka, Magdalena.

“Dalam pelatihan tenun cual kami memberikan pelayanan kepada peserta dari yang mulai mendasar sekali, baik teori maupun praktiknya mulai pengenalan benang, peralatan, dan lainnya. Sehingga seluk - beluknya bisa diketahui untuk kemudian bisa menjadi perajin cual yang benar- benar bisa berproduksi cual khas daerah ini,” ungkap Magdalena kepada Babel Review, di sela- sela kegiatan pelatihan tenun cual  yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka di gedung Dekranasda, Rabu (20/3/2019).

Perajian cual tradisional asal Bangka Barat ini mengatakan, kegiatan serupa bersama pemerintah provinsi juga akan dilakukan di setiap kabupaten/kota, agar kerajian tradionsal khas Bangka tetap lestari dan tidak punah. Apalagi  dalam proses pengajarannya, para peserta berjumlah 28 orang itu cukup antusias mengikuti acara pelatihan yang berlangsung pada 18 - 23 Maret 2019.

Baca juga: Sepiak Batik Motif Belitung

Meski membuat tenun cual juga punya tingkat kerumitan motif tinggi, namun hasilnya tenun cual cukup bernilai jual yang tinggi. Sehingga dapat membantu munculnya usaha- usaha  home industri di bidang tenun cual tradisional  ini.

“Kami senang bisa melatih calon- calon perajin cual baru di daerah ini,  agar bisa memproduksi tenun cual dan saya melihat para peserta juga cukup antusias mengikuti  kegiatan pelatihan ini. Karena prospek pasarnya juga cukup bagus, sehingga  kerajinan tenun cual ini layak untuk ditekuni,” imbuhnya. (BBR)


Penulis  : Pras                                                                
Editor    : Kasmir
Sumber  : Babel Review