Peserta Vaksinasi di Kecamatan Namang Membludak

Kasmirudin
Peserta Vaksinasi di Kecamatan Namang Membludak
Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di Kantor Desa Baskara Bakti, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (26/6/2021). (Foto: Kasmir)

NAMANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah sangat tinggi sekali. Ini dibuktikan tingginya tingkat kehadiran warga melebihi target peserta sebanyak 150 orang.

Kegiatan vaksinasi tahap pertama yang digelar Polres Bangka Tengah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Bangka Tengah ini, dilakukan di Kantor Desa Baskara Bakti, Sabtu (26/6/2021).

Kepala Desa Baskara Bakti Abidin Soamole kepada Babel Review mengatakan, tingginya angka kehadiran warga untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 tidak lepas dari sosialisasi yang sebelumnya sudah dilakukan oleh aparatur Pemdes Baskara Bakti, Tim Satgas Covid-19 serta para relawan.

“Target kami hanya 150 orang, tetapi yang datang hampir 200 orang. Alhamdulilah warga begitu antusias untuk mengikuti kegiatan vaksinasi tahap pertama ini. Sebelumnya kami melakukan sosialisi vaksinasi bersama aparat pemerintah desa, bidan desa serta relawan Covid-19 seminggu sebelum vaksinasi,” kata Abidin.

Menurut dia, setelah diberi penjelasan dan pengetahuan bahwa vaksinasi itu sangat berguna bagi kesehatan dan tidak berbahaya. Sehingga warga sudah lebih paham dan mengerti, sehingga mau mengikuti kegiatan vaksinasi.

“Kami melakukan door to door memberikan pengertian kepada masyarakat agar jangan takut untuk ikut vaksinasi. Kami aparat pemerintah desa beserta elemen yang terkait memberikan contoh kepada masyarakat, dengan lebih dulu disuntik vaksin,” imbuhnya.

Abidin berharap pada kegiatan vaksinasi tahap kedua yang rencana akan dilakukan pada 24 Juli 2021 nanti, warga masih tetap antusias seperti hari ini.

“Vaksin yang digunakan untuk tahap pertama ini jenis Sinovac. Saya berharap pada vaksinasi tahap kedua satu bulan ke depan, warga tetap antusias mengikuti vaksinasi seperti hari ini. Saya merasa bersyukur apa yang kami lakukan dapat memberi pengertian kepada masyarakat untuk tidak takut disuntik vaksin,” harapnya.

Pantauan Babel Review di lokasi, masyarakat yang datang ke Kantor Desa Baskara Bakti tidak hanya dari desa setempat, tetapi juga dari desa lain seperti Desa Kayu Besi, Cambai, Bukit Kijang dan Jelutung. Raut wajah warga yang ikut vaksinasi sangat beragam setelah disuntik.

Salah satu warga yang ikut vaksinasi, Sun Leng menuturkan, dirinya mau ikut vaksinasi Covid-19 setelah mendapatkan penjelasan dari aparat Pemerintah Desa Baskara Bakti. Karena sebelumnya ia tidak mau ikut vaksinasi.   

“Saya baru pertama kali pak ikut vaksinasi Covid-19, sebelumnya saya tidak mau, takut. Karena saya tidak pernah disuntik, kalau sakit cukup minum obat. Tetapi setelah diberi penjelasan oleh aparat desa yang datang ke rumah, baru saya mau disuntik vaksin,” tukasnya. (BBR)


Penulis: Kasmir

Editor  : Kasmir