Pesona Air Terjun C2 Lubuk Pabrik yang Lagi Nge-Hits

Kasmirudin
Pesona Air Terjun C2 Lubuk Pabrik yang Lagi Nge-Hits
Pesona air terjun C2 Lubuk Pabrik, Kabupaten Bangka Tengah, yang lagi nge-hits. (Foto: Fierly Aditya)

WISATA air terjun sedang hits di Pulau Bangka. Saat ini masyarakat Bangka mulai mengandrungi wisata air terjun, selain wisata pantai. Sejumlah destinasi wisata air terjun yang ada mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun nasional.  

Air terjun C2 salah satunya. Destinasi yang terletak di Desa Lubuk Pabrik, Kabupaten Bangka Tengah ini, kini menjadi tujuan wisatawan. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 400 MDPL ini, sangat cocok untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga.

Foto: Fierly Aditya

Wisata air jatuh satu ini memiliki pesona alam yang begitu indah, dengan latar belakang bebukitan yang menjulang yang ditumbuhi pepohonan yang masih dijaga keasriannya. Sehingga begitu terasa kesejukannya, pada saat pengunjung mendaki ke atas.

Lokasi wisata ini bisa ditempuh selama dua jam perjalanan dari Kota Pangkalpinang dan berjarak 18 Km dari Desa Lubuk Pabrik. Dengan akses jalan yang bagus, tempat wisata ini sangat mudah untuk ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Destinasi yang dikelola oleh pemerintah desa dan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Desa Lubuk Pabrik ini, baru dibuka sekira tiga bulan lalu.

Foto: Fierly Aditya

Air terjun yang mengalir dari Bukit Pading ini memiliki ketinggian mencapai tujuh tingkat, dengan panorama alam yang indah dan unik dengan aliran air yang sejuk.

Setelah masuk melalui gapura, pengunjung diajak berjalan kaki sambil menikmati kesejukan udara alam bebas. Dari tingkat pertama hingga tingkat tiga, terdapat gazebo yang diperuntukkan bagi pengunjung untuk beristirahat melepas lelah.  Untuk mencapai tingkat tiga, jalan yang dilewati belum begitu terjal.

Di tingkat tiga air terjun C2, terdapat tempat pemandian dengan lapangan yang cukup luas. Di sini wisatawan banyak berkumpul sambil mandi atau duduk-duduk di atas bebatuan besar sambil bercengkarama menikmati alam bebas dan gemericik air yang mengalir dari atas bukit. Tidak heran di tingkat ini menjadi tempat favorit pengunjung.

Foto: Thoriq

Selain bisa mandi, di sini wisatawan bisa melihat hewan liar seperti kera, labi-labi, beragam ikan atau binatang khas Bangka Belitung yaitu Mentilin.

Bagi wisatawan yang masih bersemangat untuk mendaki, bisa melanjutkan perjalanan ke tingkat empat. Di tingkat ini terdapat pemandangan yang  sangat indah. Hamparan bebatuan dengan berbagai ukuran tersebar di antara air yang mengalir. Di lokasi ini sangat cocok untuk melepas lelah sambil berswafoto.

  • Halaman
  • 1
  • 2