Pesona Tersembunyi, Desa di Ujung Bangka Tengah

Admin
Pesona Tersembunyi, Desa di Ujung Bangka Tengah
Foto :Andre

BANGKATENGAH,BABEL REVIEW—Desa Batu Beriga yang terletak di Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah menyimpan potensi keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain.Memiliki luas wilayah 10.873 hektare Desa Batu Beriga dianugerahi banyak pantai dengan   pemandangan yang bagus dan alami. Tak heran    bila kemudian desa ini    juga menjadi salah satu desa penghasil ikan terbanyak di Bangka Tengah karena 90 persen dari 500 kepala keluarga yang mendiami desaini  berprofesi sebagai nelayan.

Desa yang terletak 22 km dari Kecamatan Lubuk Besar ini menawarkan wisata pantai yang beragam, diantaranya Pantai Batu Beriga, Pantai Gusung, Pantai Tanjung Berikat, serta Pulau Gelasa. Ciri khas pantai-pantai yang terletak di Desa Batu Beriga adalah  airnya yang jernih dan pasirnya yang putih bersih, sehingga pantas menjadi salah  satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Kabupaten Bangka Tengah.

Tidak hanya pantai, Desa Batu Beriga juga memiliki wisata sejarah yang kaya, yakni Menara Tinggi dan Makam Belanda yang terletak di Dusun Tanjung Berikat. Bahkan hebatnya, desa ini juga memiliki kawasan perbukitan yang diberi nama Bukit Batu Betumpak. Dari atas ketinggian bukit ini pengunjung dapat menikmati keindahan panorama seluruh desa.

Jimmi, Kaur Umum dan Perencanaan mewakili Pj Kades Batu Beriga mengatakan, "Pemerintah desa dan masyarakat turut andil dalam mengembangkan potensi pariwisata di Batu Beriga khususnya pantai, Karena kita sadar bahwa banyak potensi yang belum masyarakat luar tahu tentang Desa Batu Beriga.

"Guna menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Batu Beriga, pemerintahan desa beserta jajarannya dan pihak-pihak terkait membangun fasilitas penunjang seperti misalnya menyediakan pendopo yang dibangun di pinggir pantai, tempat bilas dan toilet umum.

 “Pengunjung yang datang kesini biasanya ramai pada akhir pekan ataupun tanggal merah, mayoritas berasal dari Bangka Tengah dan beberapa dari Pangkalpinang. Ada yang datang untuk liburan,kemah,dan memancing.Tidak ada pungutan biaya masuk untuk mengunjungi.

wisata di desa Batu Beriga.”ungkap Jimmi Lebih lanjut Jimmi menambahkan, selain potensi wisata berupa pantai Desa Batu Beriga juga memiliki agenda budaya tahunan seperti Selamatan Laut.“Tradisi yang telah dilakukan turun temurun ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah karena telah memberikan rezeki kepada masyarakat, “ katanya.

Desa Batu Beriga memiliki potensi wisata yang besar dan tidak menutup kemungkinan dapat menjadi ikon pariwisata Bangka Tengah. Tinggal bagaimana  dukungan  dari semua pihak untuk mengembangkan potensi yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya demi kepentingan masyarakat banyak. (BBR)


Penulis :Andre
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview