Petisi Dukungan Tutup Bandara dan Pelabuhan di Babel Capai 1000 Orang

kasmirudin
Petisi Dukungan Tutup Bandara dan Pelabuhan di Babel Capai 1000 Orang
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (Foto: Dinas Kominfo Babel)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Jumlah pasien positif Corona di Indonesia terus bertambah, hingga saat ini sudah ada 790 yang dinyatakan Positif, 58 meninggal dunia dan 31 sembuh.

Penyebaran virus mematikan ini pun tak bisa diabaikan, berdasarkan data dari situs web Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dimutakhirkan per 25 Maret 2020 pukul 15.30 WIB ada 24 provinsi yang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Provinsi Bangka Belitung (Babel) hingga saat ini menjadi salah satu provinsi yang masih steril dari sebaran Virus Corona. Namun perlu diperhatikan kini Babel menjadi provinsi yang telah dikelilingi oleh wilayah-wilayah yang terpapar virus Corona, sehingga ini perlu jadi kewaspadaan bagi Pemerintah Babel dan masyarakat bersama-sama untuk semakin bekerja keras menangkal masuknya Virus Corona semakin mendekat.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Provinsi Babel, Mikron Antariksa, mengatakan Babel menetapkan status tertentu darurat terhadap perkembangan Virus Corona saat ini.

"Jika melihat kondisi wilayah kita kepulauan tentu ini sangat terbuka, kita memiliki dua bandara dengan kisaran 5000 penumpang setiap harinya, ditambah pelabuhan ada 6 dengan ratusan penumpang seharinya. Ini tentu sangat berpengaruh, apalagi sudah 24 provinsi sudah terjangkit virus dan kita sudah terkelilingi seperti Lampung, Palembang, Riau, dan sebelah kanan ada Pontianak, Kalimantan Tengah, Banjarmasin, Kaltim, jakarta, dan Jawa timur," katanya, saat melaunching media center press conference tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Babel, di Ruang VVIP Bandara Lama Depati Amir, Rabu(25/3) kemarin.

Masyarakat Minta Tutup Bandara dan Pelabuhan 

Melihat kondisi Babel saat ini yang telah dikelilingi zona merah Corona, nampaknya pemerintah harus mulai benar-benar waspada. Pasalnya, penyebaran virus Corona di Indonesia cukup masif. Terbaru, provinsi tetangga dekat dari Babel, Sumatera Selatan telah mengkonfirmasi adanya pasien postif terjangkit Virus Corona di daerahnya.

Masifnya penyebaran virus ini tentu perlu jadi perhatian, karena jika lengah Babel bisa jadi menambah daftar provinsi di Indonesia yang terpapar Corona.

Untuk mengantisipasi hal itu, masyarakat Babel meminta pemerintah untuk melakukan penutupan sementara arus penumpang bandara dan pelabuhan untuk mengontrol keluar masuknya orang ke atau dari Babel.

Untuk mendukung hal tersebut, petisi pun sudah disebarkan ke masyarakat guna meraup dukungan. Berdasarkan pantauan babelreview.co.id hingga Kamis (26/3) pukul 08.00 WIB, sudah ada 1.168 masyarakat yang menandatangani petisi tersebut.

Tak hanya itu, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil pun telah mengirim surat yang ditunjukkan langsung ke Gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang berisi permohonan pencegahan masuknya virus Covid-19 di Pulau Bangka.

Dukungan ini tentu akan bisa memperkuat Gubernur Erzaldi jika hendak menyampaikan keinginan masyarakat tersebut ke pemerintah pusat. Kabarnya Gubernur pada pukul 10.00 WIB hari ini, akan menyampaikan keinginan tersebut didalam rapat dengan Menteri Dalam Negeri, Kamis (26/3) di Jakarta. Kita tunggu saja. (BBR)