Petugas Pemasyarakatan Harus Utamakan HAM

kasmirudin
Petugas Pemasyarakatan Harus Utamakan HAM
Sebanyak 50 petugas pemasyarakatan mendapat binaan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bangka Belitung, M. Hilal di Cabang Rutan Muntok, Sabtu (22/12). (foto:Buditio)

MUNTOK, BABEL REVIEW -- Sebanyak 50 orang petugas pemasyarakatan menerima pengarahan langsung dari Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bangka Belitung, M. Hilal di Cabang Rutan Muntok, Sabtu (22/12).

Dalam kesempatan ini dihadiri juga oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis beserta staf di jajaran Kantor Wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Pengarahan yang diberikan oleh Kadivpas kali ini juga merupakan suatu bentuk wahana silaturahmi yang harus sering dilakukan, guna penguatan bidang tugas di satuan kerja masing-masing.

Hilal dalam hal ini mengingatkan, beberapa poin yang harus menjadi perhatian serius bagi setiap petugas pemasyarakatan, yakni lakukan pembinaan dengan sentuhan HAM, yakni dengan menganggap warga binaan pemasyarakatan sebagai manusia, maka perlakukanlah seperti manusia. Dan hindari kekerasan fisik dan non fisik dalam membina warga binaan pemasyarakatan.

“Seluruh Kepala UPT untuk melakukan brifing dan kontrol kepada para anggotanya, agar seluruh pejabat struktural untuk melakukan brifing minimal satu minggu sekali,” ujarnya.

Kemudian sosialisasikan SOP secara berjenjang mulai dari Kepala UPT sampai jajaran paling bawah dan didokumentasikan.

“Melakukan penguatan secara internal pada tiap UPT secara rutin, minial 1 kali dalam sepekan terkait Kompetensi – Mental – Fisik (Attitude – Skill - Knowledge),” tukasnya. (BBR)


Penulis : Buditio             
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview