Piala Adipura ke-10 Kabupaten Bangka Diarak Keliling Kota Sungailiat

kasmirudin
Piala Adipura ke-10 Kabupaten Bangka Diarak Keliling Kota Sungailiat
Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian menyerahkan Piala Adipura kepada Wakil Bupati Kabupaten Bangka Syahbudin di depan Kantor Pemerintahan Kabupaten Bangka. Selasa ( 15/01/2019 )

SUNGAILIAT BABELREVIEW -- Kabupaten Bangka untuk yang ke 10 kalinya meraih kembali Penghargaan Adipura pada tahun 2018. Untuk merayakan keberhasilan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangka pada hari ini Selasa ( 15/01/2019 ) menggelar Kirab Adipura.

Kirab yang dimulai dari depan perumahan DPRD di Kelurahan Kenanga dan berakhir di Kantor Pemerintahan Kabupaten Bangka. Acara kirab dimulai pukul 8:00 WIB ini, disambut meriah dan antusias oleh warga Kota Sungailiat.

Pada sambutannya, Wakil Bupati Bangka Syahbudin menyampaikan penghargaan Piala Adipura ini merupakan sebuah hadiah bagi Kabupaten Bangka khususnya masyarakat Sungailiat yang telah berhasil mengelola lingkungan.

"Penghargaan Adipura ini diberikan oleh kemampuan lingkungan hidup dan kehutanan, bagi kota yang masuk dalam kategori kota yang peduli akan lingkungan," ujarnya.

Syahbudin menuturkan, bahwa ini merupakan sebuah motivasi bagi dinas terkait, petugas kebersihan dan bagi masyarakat pada umumnya. Karena pada tahun ini Adipura bukan hanya penilaian kota saja, tetapi bagaimana komitmen daerah dan masyarakat dalam mengelola persampahan, penghijauan, penanganan lahan kritis dan kawasan kumuh.

"Oleh karena itu, penilaian Adipura tahun ini sangatlah berat dibandingkan tahun sebelumnya. Maka dari itu, penghargaan ini harus menjadi pemicu untuk seluruh elemen masyarakat, agar menjaga lingkungan supaya penghargaan Adipura di Kabupaten Bangka dapat dipertahankan," tukasnya.

Menurutnya, mempertahankan adalah hal yang sulit dan butuh kerja keras. Untuk itu diharapkan dari seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten Bangka dan segenap petugas kebersihan tidak langsung berpuas diri. Namun, semakin meningkatkan lagi kerjanya. Karena akan semakin sulit untuk meraih Adipura di tahun berikutnya.

Akhir dari sambutan tersebut Syahbudin menutupnya dengan pantun.

 

Sungguh indah merah delima

Dibuat cincin bertatahkan intan,

Piala Adipura tahun 2018 sudah kita terima.

Mari kita raih untuk yang kedepan. (BBR)


Penulis : Ibnu  
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview