Piala AFF U-22: Timnas Indonesia Tantang Thailand di Partai Puncak

kasmirudin
Piala AFF U-22: Timnas Indonesia Tantang Thailand di Partai Puncak
Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan kemenangan. (ist)

PHNOM PEHN, BABELREVIEW.CO.ID – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 berhasil menyegel satu tempat di babak final Piala AFF U-22 2019. Kepastian ini didapat setelah Timnas Indonesia U-22 menang tipis 1-0 atas Vietnam di babak semifinal Piala AFF U-22 2019 yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Pehn, Kamboja, pada Minggu (24/2/2019) sore WIB.

Satu gol Indonesia pada laga ini dicetak oleh Muhammad Luthfi Kamal pada menit ke-70.  Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22 akan menantang Thailand di partai puncak. 

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pertandingan berjalan cukup alot di babak pertama. Jual beli serangan yang dilakukan pemain dari kedua tim belum mampu membuahkan gol hingga 20 menit jalannya pertandingan. Beberapa serangan yang dilancarkan Indonesia ke pertahanan Kamboja sendiri belum mampu membuahkan hasil manis. Padahal, sejumlah peluang dimiliki Indonesia.

Salah satu peluang didapat pada menit keenam. Kerja sama Asnawi Mangkualam Bahar dengan Gian Zola Nasrullah Nugraha berhasil membuahkan serangan yang ciamik. Sayang, Zola tak bisa menyelesaikan serangan tersebut dengan apik karena tendangannya masih melebar dari gawang Vietnam.

Tak hanya Indonesia, Vietnam juga mendapat sejumlah peluang yang sayangnya tak mampu berbuah gol. Salah satunya terjadi pada menit ke-20. Tran Duc Nam berhasil mengarahkan bola lewat sundulan ke gawang Indonesia yang dikawal Awan Setho. Beruntung, tembakannya masih melambung.

Jelang berakhirnya pertandingan, kedua tim semakin gencar melontarkan serangan. Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– bahkan beberapa kali nyaris menjebol gawang Vietnam. Pada menit ke-35, tendangan bebas Bagas Adi berhasil memberi ancaman yang berarti kepada lawan. Sayang, tendangan sang kapten masih memantul ke tanah.

Satu menit berselang, tim asuhan Indra Sjafri kembali mengancam. Kali ini, giliran Sani Rizki yang beraksi. Kerja sama apik pemain Indonesia diakhiri sepakan mendatar Sani Rizki. Tapi lagi-lagi, tembakannya masih mampu diamankan.

Babak Kedua

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-22 berusaha tampil lebih menekan. Usaha Garuda Muda pun langsung berbuah apik. Tiga menit jalannya laga, Indonesia memberi ancaman berarti lewat sundulan Marinus yang memanfaatkan tendangan silang Witan. Sayang, sundulan itu masih dapat diselamatkan oleh penjaga gawang Vietnam, Phan Van Bieu.

Melihat kondisi ini, Vietnam tentu tak tinggal diam. Mereka juga terus melontarkan serangan ke gawang Indonesia. Salah satunya terjadi pada menit ke-59. Beruntung, tandukan Tran Duc Nam masih melambung ke atas mistar gawang Awan Setho.

Setelah terus-menerus kesulitan menjebol gawang Vietnam, usaha Indonesia akhirnya membuahkan gol. Mendapat hadiah tendangan bebas dari wasit yang diberikan setelah Zola dilanggar pemain Vietnam, Indonesia dapat memanfaatkannya dengan baik. Tendangan keras Muhammad Luthfi Kamal pada menit ke-70 tak mampu dihentikan seorang pemain. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Jelang berakhirnya laga, Vietnam terus berusaha keras mengejar ketertinggalannya. Mereka semakin mengancam pertahanan Indonesia. Alhasil, sebuah kemelut pun terjadi di kotak penalti Indonesia. Beruntung, halauan tak sempurna yang dilakukan Indonesia gagal dimanfaatkan Vietnam.

Pada laga lain, Tim nasional Thailand U-22 dipastikan melaju ke partai final Piala AFF U-22 2019. Itu setelah, mereka menaklukkan tuan rumah Kamboja dengan susah payah lewat babak adu penalti, skor 5-3, pada babak semi-final di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2) malam.

Dengan demikian, Thailand akan menantang Indonesia pada partai final, yang akan digelar di stadion yang sama, 26 Februari mendatang. (BBR)


Penulis  : Kasmir                                                        
Editor    : Kasmir 
Sumber  :Babel Review