Piala Dunia 2018: Dua Gol di Masa Injury Time, Brasil Tekuk Kosta Rika 2-0

kasmirudin
Piala Dunia 2018: Dua Gol di Masa Injury Time, Brasil Tekuk Kosta Rika 2-0
Gabriel Jesus saat laga Brasil vs Kosta Rika di Piala Dunia 2018, Jumat (22/6/2018).(ist)

MUNTOK, BABELREVIEW -- Brasil menjaga asa lolos ke fase knock-out usai meraih kemenangan 2-0 atas Kosta Rika di matchday kedua Grup E di Saint Petersburg Stadium, Jumat (20/6/2018) malam WIB.

Dua gol Brasil di pertandingan ini dicetak Philippe Coutinho dan Neymar di masa injury time babak kedua. Setelah bertubi-tubi melancarkan serangan dan sejumlah penyelamatan apik dari kiper Kosta Rika Keylor Navas, tim asal Amerika Latin itu akhirnya bisa memecahkan kebuntuan di pengujung laga.

Brasil kini megumpulkan empat poin, hasil dari satu imbang dan satu kemenangan. Jika Swiss menelan kekalahan di tangan Serbia, dipastikan yang akan lolos ke babak 16 besar adalah Serbia dan Brasil. Sementara itu, Kosta Rika sudah dipastikan tersingkir.

Di pertandingan pamungkas Grup E, Brasil akan menghadapi Serbia, sedangkan Kosta Rika berjumpa dengan Swiss.

Kosta Rika nyaris membuka skor ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-13. Cristian Gamboa melakukan pergerakan di sisi kanan dan melepaskan umpan tarik untuk membuka pertahanan Brasil, namun sepakan Celso Borges hanya menyamping ke sisi gawang Alisson.

Jesus sempat mencetak gol pada menit ke-27, namun dianulir karena sang striker sudah berada dalam posisi off-sise. Berawal dari pergerakan Neymar di sisi kiri, bola diberikan kepada Marcelo, yang bermaksud melepaskan tembakan ke arah gawang dan bisa diteruskan Jesus dengan sebuah sepakan ke dalam gawang, namun gol itu tidak disahkan.

Brasil kemudian membombardir pertahanan Kosta Rika dengan menciptkaan sejumlah peluang. Pada menit ke-28, Neymar mendapat passing yang cantik dari Philippe Coutinho dan nyaris mencetak gol ketika tinggal berhadap-hadapan dengan Keylor Navas di dalam kotak penalti, namun sontekannya mampu dibendung dengan kaki sang kiper.

Dua menit berselang, Marcelo kembali mengancam pertahanan dengan sebuah tembakan dari jarak 20 yard, namun hanya menyamping. Beberapa saat kemudian, Coutinho berusaha mengulangi tendangannya ke gawang Swiss, namun ia gagal menaklukkan Navas.

Pada menit ke-41, Brasil mendapat peluang lagi ketika Marcelo masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan dengan kaki kanannya, namun dengan mudah diamankan rekannya di Real Madrid, Navas.

Mengalami dua kekalahan membuat Kosta Rika menjadi tim pertama di Grup E yang tersingkir.(BBR)


Brasil 2-0 Kosta Rika (Philippe Coutinho 90'+1, Neymar 90'+7)

Brasil (4-2-3-1): 1-Alisson, 3-Miranda, 2-Thiago Silva, 12-Marcelo, 22-Fagner, 5-Casemiro, 11-Philippe Coutinho, 15-Paulinho (20-Roberto Firmino 68'), 9-Gabriel Jesus (17-Fernandinho 90'+3), 10-Neymar, 19-Willian (7-Douglas Costa 45')

Pelatih: Tite

Kosta Rika (5-4-1): 1-Keylor Navas, 3-Giancarlo Gonzalez, 2-Johnny Acosta, 6-Oscar Duarte, 20-David Guzman (17-Yeltsin Tejeda 83'), 5-Celso Borges, 8-Bryan Oviedo, 16-Cristian Gamboa (15-Francisco Calvo 75'), 21-Marco Urena (7-Christian Bolanos 54'), 11-Johan Venegas, 10-Bryan Ruiz

Pelatih: Oscar Ramirez

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)


Penulis : Kasmir
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview