PIK-R Cempaka Emas Berikan Orientasi dan Pelatihan Pendidik Sebaya

Kasmirudin
PIK-R Cempaka Emas Berikan Orientasi dan Pelatihan Pendidik Sebaya
Pusat Informasi Konseling Remaja Cempaka Emas Kota Pangkalpinang, saat melakukan orientasi sekaligus Pelatihan Pendidik Sebaya dan program tentang kita, di Kantor Lurah Gabek, Sabtu (19/6/2021). (ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID  --  Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Cempaka Emas Kota Pangkalpinang, melakukan orientasi sekaligus Pelatihan Pendidik Sebaya dan program "Tentang Kita", Sabtu (19/6/2021).

Kegiatan pelatihan pendidik sebaya yang dilaksanakan di Tins Millenial hub dan didukung langsung oleh PT Timah Tbk ini, dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bangka Belitung, Fazar Supriadi Sentosa S.H, Kepala DP3AKB Kota Pangkalpinang, DR. Hj. Eti Fahrianty, M.Pd, Kasi Pembangunan Kecamatan Gabek Deni Antrika, dan juga Lurah Gabek II Tri Murti Miranda.

Kegiatan orientasi dan pelatihan pendidik sebaya yang dilakukan berguna sebagai bentuk pengenalan dan memperkuat ikatan antar anggota PIK-R Cempaka Emas, sedangkan pelatihan pendidik sebaya berguna untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan pendidik sebaya terutama sumber daya manusia yang terdapat di Cempaka Emas.

Ketua PIK-R Cempaka Emas, Dita Lebrianti menyampaikan ucapan terima kasih kepada banyak pihak yang telah terlibat dalam menjalankan aktivitas dan tupoksi pusat informasi dan konseling remaja.

“Semoga kegiatan hari ini bisa menjadi titik awal perbaikan sumber daya manusia, terutama remaja di Kota Pangkalpinang terkhusus wilayah Kelurahan Gabek II,” kata Dita. 

Kegiatan yang direncanakan berlangsung secara periodik ini, ke depannya akan dilakukan dalam bentuk pembelajaran dan pendalaman kurikulum tentang kita yang dibagi menjadi 3 buku modul yang berjudul Berani ,Beraksi dan Berkolaborasi hingga pada akhirnya nanti akan terlahir pendidik-pendidik sebaya yang bisa menjadi role model dan pelaku penyebar virus GenRe di Kota Pangkalpinang.

Camat Gabek yang diwakili oleh Kasi Pembangunan, Deni Antrika menyampaikan dukungan secara penuh dalam segala bentuk.

“Selama itu positif dan berharap semoga PIK-R Cempaka Emas bisa terus aktif dan berkembang, jangan sampai tidak berdampak kepada remaja di Gabek,” ujarnya.

Senada dengan kecamatan, Lurah Gabek 2 juga mendukung penuh dan berharap aula kelurahan bisa digunakan dalam pelaksanaan kegiatan PIK-R Cempaka Emas dan berharap bisa berdampak besar serta berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna dan lainnya.

Sementara Kepala DP3AKB yang dalam kesehariannya akrab disapa Bunda Etty oleh anggota PIK-R dan GenRe Kota Pangkalpinang menyampaikan, rasa bangga terhadap anak-anak GenRe terutama PIK-R. 

“Saya yakin bahwa remaja yang tergabung di dalam GenRe adalah remaja yang keren, berkualitas dan bisa diandalkan,” tukasnya.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN, Fazar Supriadi Sentosa yang berharap PIK-R Cempaka Emas bisa membantu tugas BKKBN yang sangat berat, dimana sekarang Bangka Belitung menduduki peringkat pertama se-Indonesia dalam kehamilan tidak diinginkan dan peringkat ketiga pernikahan dini.

“Sehingga hasil dari kegiatan ini dapat menghasilkan pendidik sebaya yang berkualitas, dan mampu menyosialisasikan informasi GenRe,” imbuhnya.

Setelah acara dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Bangka Belitung, kegiatan selanjutnya beralih ke acara inti yakni pelatihan pendidik sebaya. Materi pertama diisi langsung oleh Ketua Pengurus GenRe Bangka Belitung dan juga Ketua Pengurus GenRe Kota Pangkalpinang, selanjutnya pemaparan materi dari PPKS Pelangi Kencana BKKBN Bangka Belitung yang membahas tentang Kesehatan Reproduksi Remaja, dan terakhir diisi oleh Fasilitator Program "Tentang Kita" Provinsi Bangka Belitung. (BBR)


Penulis : Alfin Dwi Rahmawan (CJ)

Editor   : Kasmir