PLN Babel Bangun Enam Infrastruktur Listrik di Pulau Kecil dan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga

Irwan
PLN Babel Bangun Enam Infrastruktur Listrik di Pulau Kecil dan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga
Ilustrasi Petugas PLN di Gardu Induk. Foto: Ist

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman ingin mengetahui kebutuhan listrik yang ada di pulau-pulau dan kesediaan PLN dalam penyediaan listrik di daerah yang akan dibangun sebagai kawasan industri di Basel, serta membicarakan pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi tenaga listrik.

Hal tersebut ditanyakan Gubernur dalam vidcon dengan General Manager (GM) PLN Wilayah Babel Mukhlis di Ruang Kerja Gubernur Kepulauan Babel, Jumat (8/5/2020).

Diungkapkan Mukhlis, PLN saat ini sedang membangun enam infrastruktur kelistrikan di pulau kecil di Babel seperti PLTD di Selat Nasik 6X200 KW, PLTD di P. Semedang 3X100 KW, PLTD P. Gresik 4X100 KW, PLTD Buku Limau 4X100 KW, PLTD Seliuk 3X100 KW, dan PLTD Pulau Nangka 2X100 KW.

PLN juga berupaya melakukan pemanfaatan sampah rumah tangga untuk dijadikan tenaga listrik dengan maksud untuk memperkuatkan kesediaan listrik di Babel.

“Ke depan kita tidak lagi kirim BBM ke pulau-pulau kecil untuk menyalakan listriknya, tetapi nanti kita kirim pelet dan sampah ke pulau kecil untuk pembangkit listriknya, mesin untuk hal ini masih diproses dan terhambat akibat Covid,” jelas Mukhlis.

Dalam vidcon tersebut, Gubernur Erzaldi menyampaikan beberapa hal, termasuk PLN akan melakukan pembersihan di kawasan jaringan PLN supaya tidak terganggu oleh tanaman atau pohon yang berada di sekitar jaringan PLN. (BBR)