PLN Imbau Masyarakat Tidak Bermain Layang-Layang Dekat Jaringan Listrik

kasmirudin
PLN Imbau Masyarakat Tidak Bermain Layang-Layang Dekat Jaringan Listrik
Petugas PLN saat melakukan pemasangan jaringan listrik. (Foto: Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, mengajak masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik lantaran berisiko menyebabkan gangguan listrik ke rumah pelanggan. Selain itu, benang layang-layang yang tersangkut jaringan, dapat menyebabkan tersetrum bila tidak berhati-hati saat mengambilnya.

"Kami mengimbau untuk mengingatkan anak-anak dan adik-adik kita, agar bermain layang-layang di lapangan terbuka untuk meminimalisir risiko gangguan listrik akibat kegiatan tersebut," jelas Assistant Manager Komunikasi PLN Babel, Pandhu Kusumawardana.

Apabila ada masyarakat yang menjumpai layang-layang tersangkut jaringan listrik, segera hubungi kontak center PLN (0717) 123, website: www.pln.co.id, facebook PLN 123, twitter @pln_123 , email: pln123@pln.co.id.

Selain PLN juga mengimbau, agar selalu mengutamakan keselamatan ketenagalistrikan misalnya dengan tidak melakukan aktivitas di bawah jarak aman jaringan listrik yaitu 2,5 meter dan menghubungi PLN apabila akan menebang pohon yang hampir atau sudah menyentuh jaringan listrik.

Selain itu, Pandhu juga menjelaskan penting perilaku aman dari bahaya listrik yang sering dijumpai di sekitar.

"Ini yang paling sering kita jumpai baik di rumah maupun di kantor, yaitu gunakan steker secukupnya atau dalam kata lain jangan menumpuk steker secara berlebihan," ujarnya.

Saat ini PLN sedang mensosialisasikan penggunaan listrik secara aman. Tim sosialisasi bergerak dari desa ke desa dalam program desa aman listrik, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keselamatan ketenagalistrikan dan tertib listrik. (BBR)


Penulis  : Irwan
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review