Plt Bupati Bateng Ancam Tindak Tegas ASN, Jika Melakukan Kegiatan Ini

Ahada
Plt Bupati Bateng Ancam Tindak Tegas ASN, Jika Melakukan Kegiatan Ini
Plt Bupati Kabupaten Bangka Tengah, Yulianto Satin. (Ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Pelaksanaan Tugas (Plt) Bupati Bangka Tengah Yulianto Satin mengancam akan memberikan sanksi tegas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat politik praktis dalam kontestasi Pilkada Bangka Tengah.

"Ada sanksi yang akan menanti bagi ASN yang terlibat politik praktis dukung mendukung calon kepala daerah. Untuk itu saya menghimbau seluruh ASN Pemkab Bangka Tengah agar tetap netral dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan ini," ujar Yulianto Satin kepada Babelreview.co.id, Rabu (14/1/2020).

Ia menerangkan, pelarangan keterlibatan ASN mengacu pada aturan  PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, PP Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil, PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Pemreintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negesri Sipil.

"Jika terbukti ada yang melanggar, beberapa ancaman tegas yang kami kenakan sesuai ketentuan, seperti berupa penundaan kenaikan pangkat, penurunan pangkat setingkat lebih rendah, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS, sanksi moral berupa pernyataan secara tertutup atau pernyataan secara terbuka dan terakhir pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, pada (21/9/2020) yang lalu, ASN dan PKK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mengucapkan ikrar sebagai bentuk komitmen dan dukungan ASN sebagai pelayan publik untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada Bangka Tengah 2020. (BBR)
Laporan: faisal