Polda Babel Tenggelamkan Rumpon dari Ribuan Knalpot Sitaan di Perairan Pulau Ketawai

Bangahada
Polda Babel Tenggelamkan Rumpon dari Ribuan Knalpot Sitaan di Perairan Pulau Ketawai
Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar monitoring acara penurunan rumpon di Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (27/5/2021). (ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar monitoring acara penurunan rumpon di Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (27/5/2021).

Giat penurunan rumpon yang dimulai pukul 10.00 wib tersebut dilakukan Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat di dampingi Wakapolda Babel,

Kapolres Bangka Tengah, Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, PJU Polres Bangka Tengah, serta Personil Dit Polair Polda Babel dan personil Polres Bangka Tengah.

Kapolda Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan, bahwa rumpon ini berguna untuk melestarikan budidaya atau ekosistem laut di Bangka Belitung, khususnya Pulau Ketawai di Bangka Tengah.

"Kita harapkan nantinya dengan rumpon tersebut akan ada banyak ikan yang berkumpul sehingga memudahkan nelayan dalam menangkap ikan," ucapnya.

Selain itu, kata Kapolda, selain bermanfaat untuk para nelayan, diharapkan juga bisa menjadi objek wisata snorkling atau memancing, namun jangan menggunakan bom laut karena akan merusak ekosistem laut.

Rumpon itu sendiri terbuat dari 2.000 knalpot motor hasil sitaan Ditlantas dan jajarannya. Rumpon ini dibuat oleh Ditpolairut Polda Babel dengan dua macam bentuk helikopter dan kapal.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Babel yang telah memperhatikan kelestarian laut terutama di wilayah Bangka Tengah.

"Giat ini akan menjadi motivasi kami Pemerintah Daerah Bangka Tengah untuk ikut juga dalam melestarikan ekosistem laut, karena sebagaimana kita tahu bahwa keberadaan rumpon tersebut sangat berguna untuk budidaya laut,"ucapnya. (BBR)