Polres dan Dishub Babar Bersih-Bersih Rambu Lalu Lintas

kasmirudin
Polres dan Dishub Babar Bersih-Bersih Rambu Lalu Lintas
Tim Gabungan Sat Lantas Polres Bangka Barat dan Dinas Perhubungan Bangka Barat, melakukan pembersihan rambu lalu lintas yang kotor di sepanjang Jalan Muntok, Rabu (28/8/2019). (foto: Buditio)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Rambu-rambu lalu lintas menjadi bagian yang penting bagi para pengguna jalan raya. Terlebih Kota Muntok, sebagai salah satu pintu masuk kendaraan dari luar Pulau Bangka.

Untuk menjaga dan memelihara agar fungsi dan manfaat rambu lalulintas tetap dalam kondisi yang optimal, Sat Lantas Polres Bangka Barat dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Barat membersihkan sejumlah rambu-rambu lalu lintas yang berada di sepanjang Jalan Kota Muntok, Rabu (28/8/2019).

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Gabungan Sat Lantas Polres Bangka Barat dan Dinas Perhubungan Bangka Barat ini, bergerak menyusuri jalan di seputaran Kota Muntok dan langsung melakukan pembersihan jika menemukan ada rambu lalu lintas yang kotor.  Dahan pepohonan yang acap kali menutupi rambu lalulintas pun tidak luput dari perhatian petugas. Dahan pepohonan segera dirapikan, agar rambu lalulintas tersebut dapat terlihat dari jauh.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada Rabu, 28 Agustus 2019, sebagai Gerakan Nasional Aksi Bersih-Bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (SIPANTAS JALAN).

Kegiatan SIPANTAS JALAN, adalah salah satu bagian dari kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2019. Dilaksanakan untuk mengembalikan fungsi perlengkapan jalan guna meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan.

Kegiatan tersebut juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa perlengkapan jalan adalah bagian dari fasilitas keselamatan yang harus dipelihara dan dijaga bersama.

Sedangkan, pelaksanaan kegiatan tersebut berdasar Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengelola Transportasi Darat. Serta Dirjen Perhubungan Darat Nomor : AJ.902/1/5/DRJD/2019 perihal SIPANTAS JALAN . 

Kasat Lantas  AKP Toni Susanto S.H seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto, S.H, S.IK, M,Si menjelaskan gerakan SIPANTAS JALAN  dilaksanakan serentak hari ini se-Indonesia. Kegiatan yang dilakukan antara lain berupa membersihkan rambu-rambu lalu lintas, melakukan perawatan sekaligus pengecekan terhadap fungsi dan kelaikan perlengkapana lalulintas. (BBR)


Penulis  : Buditio
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review