Pramuwisata Bangka Belitung Siap Sambut Wisatawan dan Tamu Pemda

Ahada
Pramuwisata Bangka Belitung Siap Sambut Wisatawan dan Tamu Pemda
Dalam rangka mensukseskan Rakernas Online Himpunan Pramuwisata Indonesia ke 28 pada Oktober 2020 mendatang, DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI)  Bangka Belitung akan menggelar pertemuan terbatas di Bangka Botanical Garden Pangkalpinang. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pramuwisata atau bahasa kerennya Guide adalah ujung tombak pariwisata suatu daerah.

Baik atau buruknya suatu daerah tergantung informasi yang keluar dari mulut seorang Pramuwisata.

Dalam rangka mensukseskan Rakernas Online Himpunan Pramuwisata Indonesia ke 28 pada Oktober 2020 mendatang, DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI)  Bangka Belitung akan menggelar pertemuan terbatas di Bangka Botanical Garden Pangkalpinang.

Rakernas akan dilakukan  bersama anggota dan pengurus DPC HPI Bangka Barat, Pangkalpinang dan Bangka.

Sebelumnya Rakernas ke 28 ini dijadwalkan di Labuan Bajo. Tetapi tidak dapat dilaksanakan, karena pandemi covid-19.

Ketua DPD HPI Bangka Belitung Andi menjelaskan bahwa dalam pertemuan pertama setelah pandemi covid 19 ini, para peserta mencoba menggali permasalahan-permasalahan di setiap bagian.

Tujuannya agar bisa dicarikan jalan keluar atau solusi untuk para pramuwisata.

"Kita ketahui bersama bahwa sektor pariwisata di Pulau Bangka sudah tidak produktif lagi sejak Februari 2020. Para Pramuwisata yang menggantungkan mata pencaharian di bidang ini benar benar tanpa pemasukan atay penghasilan," ujar Andi.

Saat ini di Bangka Belitung sendiri memiliki 56 anggota yang terdaftar (update registrasi ulang Agustus 2020).

Pasalnya sejak covid-19 ada sekitar 150 anngota yang tidak memperpanjang keanggotaannya, karena masalah keuangan.

Padahal dengan adanya Pergub Tentang Pramuwisata dan telah diterbitkan SK penertiban, maka peran Pramuwisata semakin jelas dilindungi oleh pemerintah.

Dijelaskan Andi, saat pandemi ini hampir semua Pramuwisata beralih profesi, ada yang jualan, usaha di bidang interior, sopir, taksi online dan lainnya. 

"Harapan kami semua agar wisatawan/tamu pemerintahan bisa berkunjung kembali di Bangka Belitung dan pramuwisata dapat dilibatkan di setiap acara pemerintahan agar dapat produktif kembali. Aamiin," harap Andi. (*/BBR)