Produksi Padi Bangka Selatan Kurang 22 Persen, Staff Ahli Bupati Ajak Stakeholder Carikan Solusi

kasmirudin
Produksi Padi Bangka Selatan Kurang 22 Persen, Staff Ahli Bupati Ajak Stakeholder Carikan Solusi
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat bertemu dengan petani Bangka Selatan. (ist)

BANGKASELATAN, BABELREVIEW.CO.ID --  Staf Ahli Bupati Bangka Selatan Bidang Ekonomi Pembangunan Effendi Ali, menyatakan saat ini Bangka Selatan (Basel) sudah berusia 16 tahun.  Di bidang pertanian, Basel mampu menghasilkan sekitar 3.463. ton gabah, dengan total produksi padi pertahun mencapai 21.229 ton.

“Saat ini Basel memiliki penduduk sekitar 200 ribu jiwa. Dari hasil produksi padi di wilayah Bangka Selatan sekarang ini, bisa menyediakan 77 persen kebutuhan masyarakat. Jadi masih kurang 22 persen lagi,” ujar Effendi, saat mendampingi Gubernur Babel Erzaldi Rosman berkunjung ke Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (13/2/2019).

Ia mengakui bekangan ini komoditas di Bangka Selatan mengalami penurunan, termasuk harga lada. Oleh karena itu, melalui kegiatan kunjungan Gubernur Babel yang juga dikemas kedalam Temu Wicara ini, Effendi, mengajak semua komponen masyarakat secara  bersama-sama mencari dan menemukan solusi, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya Bangka Selatan.

Sementara itu, Kepala BBP2TP Babel Dr Ali Syahbuddin mengapresiasi program dibidang pertanian yang sekarang ini digalakkan oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

"Untuk program Gubernur yakni, Sawah, Sapi dan Padi, kami memberikan bantuan dan juga bimbingan. Termasuk untuk Taman Science Pertanian, bagaimana mengolah lada menjadi kualitas ekspor. Kami juga punya MoU dengan Kabupaten Bangka Selatan, semuanya itu mencakup Visi dan Misi Gubernur," jelas Kepala BBP2TP.

Pada kesempatan sama, dilakukan Penandatanganan MoU, berkenaan dengan Program Pengajaran, Pendidikan, Perlengkapan, Teknologi, Pengembangan, dan Peningkatan Kapasitas dan Potensi Pertanian. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 1 ton Benih Padi untuk Gubernur, dan Bupati Bangka Selatan. (BBR)


Penulis  : Kusuma                                 
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review