Program PPM PT Timah, Nelayan Tanjung Gunung Buat Rumpon Ikan

Irwan
Program PPM PT Timah, Nelayan Tanjung Gunung Buat Rumpon Ikan

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID – Nelayan Tanjung Gunung Kabupaten Bangka Tengah bekerjasama dengan PT Timah Tbk membuat rumpon atau rumah ikan yang nantinya akan ditenggelamkan ke Perairan Laut Tanjung Gunung.

Pembuatan rumpon ini merupakan bentuk program CSR bidang Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Timah Tbk, sebagai upaya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar tambang.

Pembuatan dan penenggelaman rumpon ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan hasil tangkap nelayan lantaran adanya rumah ikan ini.

Sebelumnya, program PPM pembuatan rumpon ini juga pernah dilakukan PT Timah bersama nelayan di Rebo, Kabupaten Bangka. Selain itu memberdayakan masyarakat, penenggelaman rumpon ini nantinya juga bisa menjadi wisata bawah laut dan menjaga ekositem laut.

Program CSR ini disambut baik nelayan Tanjung Gunung, pasalnya dinilai sangat membantu nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan.

Tak hanya itu, nelayan dilibatkan langsung untuk proses pembuatan, penenggelaman hingga pemeliharaan sehingga nantinya diharapkan banyak ikan yang hinggap di rumah ikan yang dibuat.

Salah satu nelayan yang terlibat dalam pembuatan rumpon ini, Hendra mengatakan pihaknya sudah lama ingin membuat rumah ikan, hanya saja terkendala biaya. Menurutnya, para nelayan antusias untuk mengikuti program ini.

“Program ini mantap dan kita senang, karena kan nantinya juga untuk kita biar mudah untuk mancing, dan ini juga dikerjakan kawan-kawan nelayan. Kemungkinan pembuatan rumpon ini selesai dalam dua minggu,” katanya.

Menurutnya, nantinya rumpon akan dibuat dalam berbagai jenis disesuaikan dengan titik penenggelaman rumpon.

“Kemungkinan nanti akan ada banyak bentuk, kita sesuaikan bentuknya dengan lokasi penenggelaman. Nanti bersama-sama kita kita tentukan titiknya, semoga nantinya dengan adanya rumpon semakin banyak ikannya, kita apresiasi PT Timah dan selama ini saling mendukung,” ujarnya.

Senada, Kepala Desa Tanjung Gunung Muslim mengatakan, pihaknya  mengapresiasi program yang dilakukan PT Timah. Menurutnya, tidak hanya rumpon ini sebelumnya PT Timah juga telah membantu nelayan dengan memberikan alat tangkap.

“Kami menyambut baik dan ini snagat bermanfaat bagi nelayan kita untuk buat rumah ikan, kalau sudah jadi rumah ikan ini akan memudahkan masyarakat nelayan untuk mendapatkan ikan lebih dekat. Masyarakat kita sudah lama mau bikin rumpon hanya terkendala biaya apalagi musim covid-19 ini, tapi dengan adanya bantuan PT Timah ini sangat membantu,” kata Muslim.

Menurutnya, PT Timah tidak hanya membantu nelayan. Semenjak adanya CSD di wilayah Desa mereka semakin banyka kontribusi yang diberikan PT Timah kepada masyarakat misalnya program kesehatan, program rumah layak huni dan bantuan sosial lainnya.

Ia berharap, sinergi PT Timah dengan masyarakat nelayan dapat berjalan dengan baik sehingga nantinya akan semakin  banyak manfaat yang bisa diterima masyarakat dengan kehadiran CSD di desa mereka.

“Harapan kami bantuan ini tidak hanya sampai di sini dan harus ditingkatkan lagi, tidak hanya rumpon bisa juga alat tangkap nelayan. Sejauh ini memang PT Timah sudah banyak membantu masyarakat Tanjung Gunung, kemarin juga membantu pengerukan alur labuh nelayan. Bantuan ke warga yang  bukan nelayan juga banyak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan melalui program PPM ini, diharapkan masyarakat di wilayah sekitar tambang dapat menjadi pionir kemandirian ekonomi sekitar tambang.

“Program PPM yang dijalankan perusahaan beragam, salah satunya dengan pembuatan rumpon yang melibatkan nelayan. ini adalah bentuk pemberdayaan perusahaan untuk masyarakat di sekitar tambang. Kita berharap dengan adanya program ini, hasil tangkap nelayan bisa bertambah yang nantinya juga berdampak pada pendapatan nelayan,” tutup Anggi. (*/ADV)